Implementasi Pelayanan Publik Melalui Program Pendampingan Kesehatan Lansia Di Kelurahan Lesanpuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang

Jalu Ardya

Abstract


Pelayanan publik merupakan segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan penerima pelayanan. Kualitas program dan pelaksanaan pelayanan publik dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Pelayanan Publik memiliki banyak jenis dan sasarannya, salah satunya yaitu Pendampingan Kesehatan Lansia untuk masyarakat lansia seperti pengecekan tensi darah,gula,kolestrol, asam urat dan senam lansia. Di daearah Kelurahan Lesanpuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang dimana masyarakat lansianya membutuhkan program ini dan Ruang Belajar Aqil sebagai sektor ke tiga memberikan sebuah pelayanan publik atas pemenuhan kebutuhan yang ada di daearah tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan merupakan teori dari Lovelook dalam buku (Daryanto dan Setyobudi 2014) yang dimana harus memperhatikan prinsip bagi penyelenggaraan pelayanan publik. Hasil penelitian ini menyatakan hasil bahwa pelayanan Pendampingan Kesehatan Lansia dapat dibilang baik karena terdapat 5 aspek tentang Tangible, Realible, Responsiveness, Assurance, serta Empathy dalam pemenuhan pelayana pendampingan kesehatan lansia di Kelurahan Lesanpuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang.

Kata Kunci :Implementasi, Pelayanan Publik, Pendampingan kesehatan Lansia.


References


Halimsetiono, E. (2021). Pelayanan Kesehatan pada Warga Lanjut Usia. Keluwih: Jurnal Kesehatan dan Kedokteran, 3(1), 64-70.

Pratama, M. R. (2020). ANALISIS INOVASI PELAYANAN PUBLIK RUMAH SEHAT

LANSIA DI KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, 17(2), 193-204.

Tuwu, D., & Tarifu, L. (2023). Implementasi Program Posyandu Lansia Untuk Menjaga Kesehatan Lanjut Usia. Journal Publicuho, 6(1), 20-29.




DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v9i2.6867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.