Analisis Dampak Pelayanan Penggunaan JakLingko Terhadap Peningkatan Kepuasan Warga Sunter Agung Jakarta Utara

Lukiyana Lukiyana, Bobby Reza, Tania Natalia, Astri Amelia, Diah Ashifa, Steyphen Ricardo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak pelayanan penggunaan JakLingko terhadap peningkatan kepuasan warga Sunter Agung, Jakarta Utara.      ini menilai penerimaan warga terhadap layanan JakLingko, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan, mengukur pengalaman warga dalam menggunakan layanan jaklingko, serta mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam meningkatkan kualitas dan efektivitas JakLingko sebagai moda transportasi publik. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berguna bagi pengelola JakLingko untuk meningkatkan kualitas layanan, membantu pemerintah daerah dan pengelola transportasi dalam pengambilan kebijakan yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan warga, serta memberikan rekomendasi praktis untuk pengembangan fasilitas transportasi publikHasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan penggunaan JakLingko memiliki dampak positif terhadap peningkatan kepuasan warga Sunter Agung. Diharapkan temuan ini akan meningkatkan kepuasan dan loyalitas penumpang, serta menjadi sumber inspirasi bagi peneliti selanjutnya yang tertarik meneliti topik serupa dengan lebih menegmbangkan penelitian ini.


Keywords


: Pelayanan, Kepuasan, Warga sunter agung, Jaklingko

References


Dewa Dwi Putra, Rayhan Dhevano Aufaa, Haura Luthfiyah, & Siti Sahara. (2023). Peningkatan Mutu Transportasi Umum Demi Kenyamanan dan Keamanan Pengguna. MIMBAR ADMINISTRASI FISIP UNTAG Semarang, 20(1), 112–119. https://doi.org/10.56444/mia.v20i1.659

Endrawati, T., Widodo, A., & Raharjo, S. (2020). Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Jaklingko Pada PT JAKLINGKO Jakarta. https://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/3418/1/Jurnal Tingkat Kepuasan Pelanggan Jaklingko.pdf

Jabrial, N. A., Transportasi, M., Tinggi, S., Transportasi, M., & Jakarta, M. (2024). Evaluasi Tingkat Pelayanan Angkutan Kota Koperasi Wahana Kalpika Provinsi DKI Jakarta terhadap Sistem Transportasi Nasional Nur Achmad Jabrial kegiatan pemerintahan di tingkat pusat maupun daerah . Penyelenggaraan transportasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta sebagai Ibukota Provinsi menjadi tujuan utama bagi masyarakat disekitar DKI Jakarta seperti kota Bogor , Depok , Tangerang dan Bekasi dalam Provinsi DKI Jakarta mengacu kepada Sistem Transportasi Nasional ( Sistranas ) 2005 Tentang Sistem Transportasi Nasional. 4.

Kodariyah, L., Kurniawan, I. A., & Firdiyani, F. (2022). Kolaborasi Stakeholder Dalam Melaksanakan Program Layanan Transportasi Integrasi Jaklingko Di Provinsi Dki Jakarta. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.33592/jiia.v12i1.3264

Laia, B., Florina Laurence Zagoto, S., Theresia Venty Fau, Y., Duha, A., Telaumbanua, K., Permata Sari Lase, I., Ziraluo, M., Magdalena Duha, M., Laia, B., & Luahambowo, B. (2022). Prokrastinasi Akademik Siswa Sma Negeri Di Kabupaten Nias Selatan. Tatema Telaumbanua, 10(11), 162–168. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index

Lintang, R. (2018). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Biro Perjalanan Pt. Pacto Tour Dan Travel Medan. Universitas Medan Area, 7–31. https://repositori.uma.ac.id/bitstream/123456789/594/5/118320003_file5.pdf

Mayrisha, D. R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Behavioral Intention (Niat Perilaku) Pengguna Mikrotrans Jaklingko di DKI. Gema Publica, 8(1), 42–55. https://doi.org/10.14710/gp.8.1.2023.42-55

Putri, A. A., & Vania, H. F. (2024). Macet dan Polusi Menerjang Kota , Transportasi Publik jadi Solusi ?

Taufiqurokhman, & Satispi, E. (2022). Teori Dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik (Issue August). https://www.researchgate.net/profile/Taufiqurokhman-Taufiqurokhman/publication/362733431_Teori_Dan_Perkembangan_Menejemen_Pelayanan_Publik/links/62fca1acaa4b1206fab8d221/Teori-Dan-Perkembangan-Menejemen-Pelayanan-Publik.pdf

Wijianto, Istianto, B., & Rukman, R. (2022). Analisis Kepuasan Publik Terhadap Angkutan Umum Model Jak Lingko Sebagai Pengintegrasi Antar Moda Transportasi Publik Di DKI Jakarta. Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety), 9(2), 119–130. https://doi.org/10.46447/ktj.v9i2.440

Wikipedia. (2023). wilayah Demografi sunter agung. https://id.wikipedia.org/wiki/Sunter_Agung,_Tanjung_Priok,_Jakarta_Utara

Zahra, N., Baihaqi, I., & Ardiantono, D. S. (2020). Evaluasi Kualitas Pelayanan Pada Industri Angkutan Umum: Studi Kasus Mikrotrans Jak Lingko. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 9(1), 58–63. https://doi.org/10.12962/j23373520.v9i1.50952




DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v11i1.8301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.