REFORMASI BIROKRASI PELAYANAN PUBLIK DAN PERAN KOMUNIKASI MASSA DI MALAYSIA, VIETNAM, DAN JEPANG
Abstract
Tanggung jawab pemerintah adalah memenuhi hak dan kebutuhan dasar masyarakat melalui pelayanan publik yang efektif. Reformasi birokrasi bertujuan meningkatkan kualitas layanan publik dengan prinsip transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan publik di Malaysia menekankan nilai etis melalui manajemen sumber daya manusia yang berintegritas. Vietnam mengedepankan reformasi birokrasi dalam kemudahan mendirikan bisnis, sedangkan Jepang menonjol dengan kualitas layanan yang prima serta pemanfaatan teknologi informasi. Selain aspek administratif, komunikasi massa berperan penting dalam menyosialisasikan kebijakan, membangun citra birokrasi, serta memperkuat partisipasi publik. Media massa berfungsi sebagai saluran informasi, kontrol sosial, sekaligus ruang partisipatif dalam mendorong keberhasilan reformasi birokrasi.
Kata kunci: reformasi birokrasi, pelayanan, public, media
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v11i2.8825
Refbacks
- There are currently no refbacks.




