Etika Pelayanan Publik diera Digital Governance : Kajian Filsafat Administrasi Publik
Abstract
Kemajuan teknologi digital telah mengubah secara mendasar cara administrasi publik dilihat dari pemerintahan masa kini yng mulai beralih ke paradigma pemerintahan digital, di mana pemanfaatan informasi teknologi, menjadi komponen utama dalam penyediaan layanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana etika pelayanan publik diera tata kelola digital yang dilihat dari perspektif kajian filsafat administrasi publik. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan kualitatif melalui kajian studi pustaka , sumber data primer dan sekunder, pengumpulan data berdasarkan observasi dari studi ini analisis data menggunakan metode interaktif yang meliputi pernyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa temuan utama mengungkapkan hakikat pelayanan publik berisiko tereduksi menjadi transaksi data yang impersonal (krisis ontologis); rasionalitas teknis berbasis data menyisihkan kearifan moral dalam pengambilan keputusan (krisis epistemologis); dan nilai-nilai fundamental seperti keadilan, empati, dan akuntabilitas terkikis oleh fenomena dehumanisasi serta bias algoritmik (krisis aksiologis). Oleh karena itu, digitalisasi bukan sekadar tantangan teknis, melainkan sebuah persoalan etis yang mendalam.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amirulkamar, S. (2024). Dampak literasi digitalterhadap pelayanan publik di indonesia dalam perspektif etika. 5(1), 87–94.
Daniguelo, A. (2020). Ontologi in Public Administration Includes Potential, Potivism and Rationalism Approaches. 01(06), 41–46. https://doi.org/10.37899/journal-la-sociale.v1i6.209
Erli Yanty Rihana Paramida1, Dini Prima Putri2 , Romlah3, S. A. (2024). Pendekatan Sistem dalam Tinjauan Filsafat : Ontologi, Aksiologi, dan Epistemologi. 09.
Farhanuddin, A. F., Ayulia, A., Setia, P., Jauza, D., Etik, K., & Publik, P. (2022). Penerapan etika pelayanan publik dalam mewujudkan good governance. 19(1), 64–74.
Fauzan, H. S. (n.d.). Filsafat ilmu administrasi sebagai hakikat dan makna dalam keilmuan administrasi publik.
Hidayat, R., Susanto, F., Rahayu, E. M., Armelia, N., Soelistijowati, J. O., & Qorihah, D. K. (2023). Strategi penulisan sistematika penulisan karya ilmiah hasil ptk bagi guru smpn wilayah kota surabaya. 2, 107–114.
Juwandi, R., Sundawa, D., & Bestari, P. (2025). Transformasi Digital Pelayanan Publik : Urgensi Penguatan Etika dan Karakter dalam Kebijakan Inovatif di Banten. 10(2), 614–623.
Kesejahteraan, S., & Pendekatan, M. (2023). RUJUAN TERPADU DI KABUPATEN TEGAL TOWARDS SOCIAL TRANSFORMATION : EMPOWERMENT OF POTENTIAL AND. 5(2), 84–97.
Nasution, M. S., Syahza, A., Rusli, Z., & Mashur, D. (2025). Public administration in the era of digital and collaborative governance : a bibliometric analysis. 15(1), 121–142.
No, V., Juni, A., Rosa, A., Khasanah, M. L., Ramadhani, A., & Kurniawan, M. Y. (2025). Peran Filsafat Ilmu dalam Menghadapi Era Digital Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan. 2(4), 825–831.
Papier, I. J., & Review, P. (2025). Ethical Studies in the Perspective of the Philosophy of Science in Relation to the Principles of Norms and Ethics of Government Bureaucracy. 6(1), 113–122.
Repositori, C., & Volume, I. (2023). Determinasi Inovasi Pelayanan Publik Terhadap Konseptualisasi Paradigma Humanis. 6, 800–809.
Sarjit, A. (n.d.). From Bureaucratic Red Tape to Digital Governance: Evaluating Public Service Transformation in Indonesia.
Utami, P., & Tangerang, U. I. S. (n.d.). ARTIKEL TRANSFORMASI ADMINISTRASI PUBLIK : INOVASI DAN ADAPTASI MENUJU EFISIENSI DAN PELAYANAN PUBLIK. 6(2), 1–9.
Widiasih, S., Julina, F., & Susanti, S. (2024). Public Studies and Business Administration Journal ( PUSBA ) THE ROLE OF ETHICS IN PUBLIC ADMINISTRATION : A SYSTEMATIC REVIEW OF GLOBAL PRACTICES AND CHALLENGE PERAN ETIKA DALAM ADMINISTRASI PUBLIK : TINJAUAN SISTEMATIS. 1(2), 105–117.
DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v11i2.8985
Refbacks
- There are currently no refbacks.




