PENGEMBANGAN MASYARAKAT GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN E-COMMERCE PADA UMKM PENGRAJIN TENUN DI KAMPUNG TENUN KOTA SAMARINDA

Umar Mustofa, Rizky Arif Nugroho, Asri Prasaningtyas

Abstract


ABSTRAK

 

Perkembangan teknologi dan sistem informasi yang semakin pesat membuat informasi dapat diakses secara luas dan mudah. Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran secara online. Kota Samarinda memiliki kawasan industri rumahan yang memproduksi kain tenun, yaitu Kampung Tenun. Kampung Tenun merupakan usaha industri kain tenun yang telah diwariskan secara turun temurun agar industri tersebut dapat terus dilestarika. Salah satu produk yang dihasilkan dari industri kain tenun adalah Kain Sarung Samarinda dan Kain Tajong Samarinda, yang dikreasikan menjadi peci, tas, sepatu, dan properti tari-tarian untuk meningkatkan harga jualnya. Selain dijadikan sebagai warisan budaya, kegiatan industri kain tenun di Kampung Tenun juga merupakan atraksi wisata budaya di Kota Samarinda. Pada tahun 2015, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) memberikan program pengembangan UMKM dengan bantuan teknologi digital guna memperluas pemasaran dengan memjual produk secara online (Indotelko.com, 2015). Namun program tersebut belum dapat diimplementasikan secara optimal. Tujuan dari kegiaatan pengabdian ini adalah dapat meningkatkan perekonomian melalui pelatihan penggunaan e-commerce pada UMKM pengarajin tenun di Kampung Tenun, Kota Samarinda. Metode yang digunakan dalam pengabian ini adalah memberikan pelatihan dan sosialisasi penggunaan e commerce. Hasil yang diperoleh adalah masyarakat mengetahui mekanisme pejualan secara online melalui media Bukalapak.

 

Kata Kunci:  Kampung Tenun, E Commerce, Samarinda


Full Text:

PDF

References


Aco, Ambo, dan Andi Hutami Endang. 2017. Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Unversitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Makassar:Universitas Negeri Alauddin.

BPS. Statistic E-Commerce 2019.bps.go.id. https://www.bps.go.id/publication/2019/12/18/fd1e96b05342e479a83917c6/statistik -e-commerce-2019.html (11 Oktober 2020)

Maulana,Shabur Miftah, Heru Susilo, dan Riyadi. 2015. Implementasi E- Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus pada Kasus Toko Pastbrik Kota Malang). Malang: Universitas Brawijaya.

Maure, Rick. 2002. Methods of Community Assessment. Rural Health Institute Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur. 2014. Tenun Samarinda:Potensi Wisata dan Pelestarian Budaya. Samarinda : Bank Indonesia.

Pratama, A. P., Purwanti, S. & Wibowo, S. E., 2018. Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Dinas Pariwisata Kota Samarinda dalam Mempromosikan Sraung Tenun Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 6(1), pp. 298-310.

Purwadi. 2015. Kajian Sarung Samarinda Dari Prespektif Pemangku Kepentingan. Samarinda : Universitas Mulawarman.

Rotary Leadership Institute. 2006. Community Assessment Tools. Rotary International Potensi Wisata dan Pelestarian Budaya. Samarinda : Bank Indonesia.

Pratama, A. P., Purwanti, S. & Wibowo, S. E., 2018. Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Dinas Pariwisata Kota Samarinda dalam Mempromosikan Sraung Tenun Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 6(1), pp. 298-310.

Purwadi. 2015. Kajian Sarung Samarinda Dari Prespektif Pemangku Kepentingan. Samarinda : Universitas Mulawarman.

Rumadas, Dominggus, et al. 2018. Modul Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Kampung. Bappenas : KOMPAK

Samsir dan Nurwati. 2018. Pelestarian Seni Budaya Melalui Home Industry Tenun Samarinda: Perspektif Sejarah Islam. Samarinda : Institut Agama Islam Negeri.

Thoha, Miftah, 2001, Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya . Raja Grafindo Persada : Jakarta




DOI: https://doi.org/10.52447/berdikari.v6i2.5920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung