Meningkatkan Pengetahuan Inovasi UMKM Kedai Kopi, Tanjung Priok Di Jakarta Utara
Abstract
Rendahnya pengetahuan UMKM kedai kopi tentang inovasi dan penerapannya merupakan kelemahan yang berpotensi menjadi kendala mengeksploitasi peluang di industri minuman kopi. Untuk itu UMKM perlu diberikan kegiatan pendampingan tentang inovasi dan penerapannya. Melalui kegiatan pengabdian masyaratkan dosen bersama mahasiswa, telah memberikan kegiatan pendampingan kepada 9 UMKM kedai kopi yang beroperasi di Jakarta Utara. Metode yang digunakan dalam memberikan pendampingan adalah metode seminar dan metode role-play. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pemahaman UMKM terhadap inovasi dan penerapannya meningkat setelah seminar dan role play diberikan. Hal ini dilihat dari perbedaan jumlah jawaban yang benar terhadap jumlah jawaban yang salah, sebelum dan sesudah seminar dan role- play diberikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amoako, G. K., Doe, J. K., & Neequaye, E. K. (2021). Online innovation and repurchase intentions in hotels: the mediating effect of customer experience. International Hospitality Review. https://doi.org/10.1108/ihr-02-2021-0008
Benachenhou, S. M., Guerrich, B., & Moussaoui, Z. (2018). The effect of packaging elements on purchase intention: A case study of Algerian customers. Management Science Letters, 8(4). https://doi.org/10.5267/j.msl.2018.2.004
Slater, S. F., Mohr, J. J., & Sengupta, S. (2014). Radical product innovation capability: Literature review, synthesis, and illustrative research propositions. Journal of product innovation management, 31(3), 552-566.
https://doi.org/10.1111/jpim.12113
Wu, S. I., & Chen, Y. J. (2014). The impact of green marketing and perceived innovation on purchase intention for green products. International Journal of Marketing Studies, 6(5), 81.
http://dx.doi.org/10.5539/ijms.v6n5p81
Wijaya, L. D., & Simamora, V. (2022). PENGARUH KAPABILITAS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KAPABILITAS INOVASI TERHADAP STRATEGI DAN DAMPAKNYA TERHADAP
KEUNGGULAN BERSAING UMKM KULINER. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 7(1), 51-65.
https://doi.org/10.38043/jiab.v7i1.3474
DOI: https://doi.org/10.52447/berdikari.v5i2.6427
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta