PENYULUHAN PENGGUNAAN MARKETPLACE UNTUK BERBISNIS KEPADA MASYARAKAT DI RW 04 KELURAHAN KALIBARU KECAMATAN CILINCING JAKARTA UTARA

Yulius Evan Christian, Bella Sindi Luvita, Sintha Miranda

Abstract


ABSTRAK

Mata pencaharian warga Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara khususnya RW 04 adalah Nelayan, salah satu hasil laut yang diperoleh warga Kalibaru RW 04 adalah Ikan Asin.Namun dalam hal pemasaran, petani merasa sangat kurang karena tidak ada media yang mendukung. Proses bisnis     yang saat ini berjalan yakni pembeli yang akan membeli harus datang langsung ke rumah dan apabila sudah berlangganan dapat memesan melalui telepon. Metode kegiatan ini yaitu sosialisasi dan pembuatan akun marketplace. Kurangnya informasi mengenai harga ikan asin membuat pelanggan atau calon pembeli merasa rugi jika ternyata ada beberapa petani yang memberikan harga yang murah. Oleh sebab itu penjualan ikan asin dapat di tunjang dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai pendukung dalam proses penjualan dan pemasaran ikan asin. Hasil yang dicapai adalah Aplikasi Marketplace penjualan hasil panen ikan asin ini dapat memberikan kemudahan bagi penjual dan pembeli dalam memasarkan ikan asin serta mendapatkan informasi mengenai harga dan stok ikan asin.

Kata Kunci: Marketplace, Ikan Asin,Berbisnis,Sosial media


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52447/berdikari.v6i2.7142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung