PERAN IBU DALAM PENDIDIKAN POLITIK KELUARGA DI KELOMPOK PKK KEBON BAWANG

Milton Pakpahan, Herlina Muzanah Zain, Rizky Julmansyah Lombu, Doni Rodiansyah, Hirzan Mahdafikia, Wulan Nur Fauzia, Putri Alia Dewi

Abstract


Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya peran ibu, dalam membentuk pemikiran politik di keluarga. Tujuan utama adalah meningkatkan kesadaran politik dalam keluarga dengan fokus pada peran ibu sebagai agen utama yang membentuk nilai-nilai politik dan partisipasi politik dalam keluarga. Metode yang digunakan meliputi FGD, dan diskusi interaktif dengan ibu-ibu PKK sebagai audiens utama. Materi yang disampaikan meliputi pentingnya pendidikan politik, cara membentuk kesadaran politik pada anak-anak, dan bagaimana ibu dapat berperan aktif dalam mendidik anak-anaknya terkait politik. Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman ibu dalam memilih dan mendukung partisipasi politik yang lebih sadar dan bertanggung jawab di tingkat keluarga. Dengan demikian, generasi muda dapat tumbuh dengan pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai demokrasi dan partisipasi politik yang sehat. Pengabdian ini juga memberikan rekomendasi untuk lebih mengintegrasikan pendidikan politik dalam kurikulum pendidikan keluarga, serta mendorong pihak-pihak terkait untuk terlibat lebih aktif dalam meningkatkan literasi politik masyarakat, khususnya di level keluarga. Melalui pendekatan ini, diharapkan bahwa peran ibu dalam pendidikan politik keluarga dapat ditingkatkan, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada kesadaran politik dan partisipasi masyarakat secara keseluruhan.


Keywords


Pendidikan Politik, PKK, Keluarga

Full Text:

PDF

References


B. Nasution and S. A. Constitutionalism, “Constitutional Democracy in Indonesia,” Const. Democr. Indones., pp. 1–44, 2022, doi: 10.1093/oso/9780192870681.001.0001

Amin, A. (2018). Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat; Analisis Tripusat Pendidikan. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 16(1), 106-125.

Azid, Y. T., & Listyani, R. H. (2024). Pembentukan Karakter Politik Anak Usia Dini Dalam Merespons Kampanye Politik 2024. Paradigma, 13(2), 101-110.

Kharisma, D. (2015). Peran Pendidikan Politik Terhadap Partisipasi Politik Pemilih Muda. Politico: Jurnal Ilmu Politik, 1(7), 1144.

Kholisoh, N. Pilkada DKI Jakarta 2024 dalam Bingkai Public Sphere dan Media Massa. JURNAL DEMOKRASI, 29.

P. D. Grusec, J. E., Hastings, Handbook of socialization: Theory and research. New York: Guilford Press, 2006.

Suyatno (2016). Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Tantangan Demokrasi Lokal di Indonesia. Politik Indonesia: Indonesian Political Science Review, Vol. 1, No. 2, 2016, hal. 212-230.

W. A. Galston, “Political Knowledge, Political Engagement, and Civic Education,” Annu. Rev. Polit. Sci., vol. 4, pp. 217–234, 2001.

Yandra, A., Nielwaty, E., Herlinda, D., & Faridhi, A. (2021). Pendidikan Politik Dan Civic Culture Pada Ibu-Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 56-62.

Yandra, A. (2016). Partisipasi Masyarakat dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pekanbaru 2012-2017.PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik,2(1), 48-58




DOI: https://doi.org/10.52447/berdikari.v7i2.8028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung