PENGARUH TEKANAN POMPA BAHAN BAKAR TEKANAN TINGGI TERHADAP KINERJA MESIN

Didit Sumardiyanto, Sri Endah Susilowati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui  pengaruh  pompa injeksi bahan bakar tekanan tinggi terhadap kinerja sebuah mesin pada mesin penggerak utama MV. ALAM JAYA II yang menggunakan mesin diesel YANMAR type M22-EN. Berdasarkan data-data yang diperoleh dilapangan, setelah dilakukan pembahasan bahwa tekanan pompa injeksi berpengaruh pada kinerja mesin diesel. Untuk tekanan pompa injeksi sebesar 820 kgf/cm2, kinerja yang dihasilkan mesin adalah : Daya Indikator 1204 kgf/cm2, Daya Efektif 1016 kgf/cm2, Efisiensi Thermal Efektif 32,0% dan konsumsi bahan bakar spesifik sebesar 192 g/hp.h. Sedangkan setelah dilakukan perbaikan pompa injeksi, tekanan pompa menjadi 1120 kgf/cm2, kinerja yang dihasilkan oleh mesin adalah : Daya efektif 1399 hp, Daya Efektif 1195 hp, Efisiensi Thermal Efektif : 37.32%, dan Konsumsi Bahan Bakar Spesifik sebesar 165.7 g/hp.h Dengan adanya perbaikan pompa injeksi sehingga dapat menaikkan tekanan injeksi dari 880 kgf/cm2 menjadi 1120 kgf/cm2, maka kinerja mesin dapat ditingkatkan

 Kata kunci: mesin diesel,pompa injeksi, kinerja mesin

 

Abstract

This research was conducted to determine the effect of high pressure fuel injection pump on the performance of a machine on the MV main drive engine. ALAM JAYA II which uses the YANMAR type M22-EN diesel engine. Based on the data obtained in the field, after discussion that the injection pump pressure affects the performance of the diesel engine. For injection pump pressure of 820 kgf /cm2, the engine performance is: Indicator Power 1204 kgf /cm2, Effective Power of 1016 kgf /cm2, Effective Thermal Efficiency of 32.0% and specific fuel consumption of 192 g / hp.h. Whereas after the injection pump repairs, the pump pressure becomes 1120 kgf / cm2, the performance produced by the engine is: Effective 1399 hp, Effective 1195 hp, Effective Thermal Efficiency: 37.32%, and Specific Fuel Consumption of 165.7 g / hp. H With the improvement of the injection pump so that it can increase the injection pressure from 880 kgf / cm2 to 1120 kgf /cm2, the engine performance can be improved

Keywords: diesel engine, injection pump, engine performance


Full Text:

PDF

References


Henshall, “Medium and Hight Speed Diesel Engines For Marine Use”, The Institute of Marine Engineers

Khovakh,”Motor Vehicle Engines”, MIR Publisher, Moscow

Lester C Lichty, “Internal Combustion Engines”, International Studen Edition, New York, Toronto, London

Maleev, Alih bahasa Bambang Priambodo,”Operasi dan Pemeliharaan Mesin Diesel”, Erlangga, Jakarta

Mallev, “Internal Combustion Engines”, Mc. Graw-Hill Book Company, Auckland, Hamburg, Madrid, Sao Paulo, New Delhi, Paris, Sydney, Tokyo

Wiranto Arismunandar, Koichi Tsuda,”Motor Diesel Putaran Tinggi”, Pratnya Paramita, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.52447/jktm.v3i2.1421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.