MODIFIKASI TRANSMISI (TRANSMISSION) DENGAN MENGGUNAKAN SPAREPART RACING PADA MOTOR MATIC YAMAHA XEON GT 125

Didit Sumardiyanto, Michael Antonius

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan daya dan torsi pada sepedamotor matic dengan memodifikasi transmisi (transmission) dengan menggunakan sparepart racing pada motor matic yamaha xeon. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar daya dan torsi yang di hasilkan dari sparepart racing yang di gunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan cara studi literatur, tinjauan pustaka, serta perhitungan secara analisis dan dynotest. Sistem memodifikasi Transmisi (transmission) ini menggunakan Sparepart Racing. Hasil perhitungan menunjukan bahwa sparepart racing dapat membantu untuk menaikan daya dan torsi pada sepeda motor. Hasil pengujian dynotest menunjukan bahwa modifikasi transmisi (transmission) menghasilkan daya tertinggi sebesar 11.62 HP. Kenaikan daya ini di sebabkan oleh pengaruh perubahan spare part racing. Dan menghasilkan torsi terbesar 10,73 Nm pada  putaran mesin 6217,92 RPM, kenaikan torsi yang terjadi sebesar 0.33 Nm dari transmisi (transmission)                                                 standar dengan torsi maksimum sebesar 10.4 Nm. Kenaikan torsi ini dipengaruhi oleh modifikasi transmisi (transmission) dengan menggunakan sparepart racing, yang mempengaruhi putaran mesin lebih responsif. Kata Kunci: sparepart racing, daya, torsi, dynotest, transmisi (transmission)

Full Text:

PDF

References


Adi Wahyu. (2012). pengembangan media pembelajaran continuous variabletransmission (cvt) sepeda motor menggunakan macromedia flash untuk pembelajaran di smk muhammadiyah 1 bambanglipuro bantul. Skripsi. Yogyakarta: FT Universitas Negeri Yogyakarta Gd. Tangkas Arta Susena dkk. 2017. pengaruh sudut primary pulley dan variasi berat roller terhadap torque dan rpm pada motor ganesha electric vehicles 1.0 basecontinous variable transmission G, Haryono. (1989). Mengenal Motor Bakar. Semarang: Aneka Ilmu. Hidayat, Wahyu. (2015). Trans-Matic Pemindah Daya Kendaraan. Jakarta: Rineka Cipta. Kristanto, Philip. (2015). MotorBakar Torak.Yogyakarta:AndiYogyakarta. Nugraha, Setya B. (2011). Sistem Pemindah tenaga pada sepedamotor. Yogyakarta: SkriptaMedia Creative Maskurmambang. (2011). Akselerasi dan Torsi. Diperoleh 18 September 2017 Gd. Tangkas Arta Susena dkk. 2017. pengaruh sudut primary pulley dan variasi berat roller terhadap torque dan rpm pada motor ganesha electric vehicles 1.0 base continous variable transmision (cvt). Jurnal Jurusan Pendidikan Teknik Mesin (JJPTM) Volume: 7 No : 1 PT. Yamaha Motor Manufacturing. (2005). Continuously Variable Transmission [Power Point Slides]. Arismunandar, Wiranto. Tahun 2009. Penggerak Mula: Motor Bakar Torak. Bandung. Penerbit ITB. Purnama, P.B. 2008. Memilih Roller Yang Tepat Untuk Motor Matic Arifianto, A. 2011. Modul Perawatan Sepeda Motor. Amuntai Arends dan Berenschot. 1980. Motor Bensin. Jakarta: Erlangga BRT. 2013. Buku Panduan ECU Juken I-MAX Progammable Fuel Injection. PT. Trimentari Niaga (TMN). Supraptono. 2004. Bahan Bakar dan Pelumas. Buku Ajar. Semarang: Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Wikipedia. 2018. Injeksi Bahan Bakar. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Injeksi_bah an_bakar (diakses tanggal 26 Maret 2018) Srikomala, Dewi A.A.I.A.,Atmika, I.K.A & Agus,H. 2010.Tinjauan kinerja Traksi sistemTransmisi otomatik (CVT)pada sepeda motor dengan variasi konstanta pegas sliding sheave dan berat roller sentrifugal.Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin(SNTTM) ke -9 Palembang: 13-15 Oktober 2010.




DOI: https://doi.org/10.52447/jktm.v7i1.5942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.