Analisis Lift Performance Sayap Pesawat Terhadap Penambahan Winglet dan Variasi Aspect Ratio

Muhammad Farhan Abidin, Bobie Suhendra, Aripin .

Abstract


Abstrak
Sayap merupakan komponen vital dalam sebuah pesawat terbang karena berperan dalam terbentuknya
gaya angkat pesawat. Sayap pesawat juga memiliki beragam parameter yang bertujuan menunjang
performa gaya angkat pesawat, seperti aspect ratio, tapper ratio, sudut sibak dan sudut twist. Dalam
penelitian ini parameter aspect ratio dianalisis lebih dalam untuk melihat pengaruhnya terhadap lift
performance sayap seperti Cl dan Cd. Selain itu, efek penambahan winglet akan ikut dikaji dalam
penelitian ini karena komponen ini umum ditemui pada sayap pesawat saat ini yang ditujukan untuk
meningkatkan efisiensi aerodinamis sayap. Sebagai bahan analisis, sayap pesawat CN-235 dipilih dalam
analisis ini. Analisis dilakukan dengan metode simulasi menggunakan Ansys Fluent untuk memeroleh
karakteristik Cl dan Cd. Metode ini menghasilkan geometri, perilaku aliran, serta karakteristik
aerodinamika sayap dengan menggunakan persamaan RANS (Reynolds Averaged Navier-Stokes) dengan
model turbulen. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan menggabungkan variasi aspect ratio dan
penambahan winglet pada planform sayap maka menghasilkan sayap yang mampu meraih sudut serang
maksimum yang lebih rendah dari variasi sayap yang lain dan koefisien lift yang lebih tinggi. Selain itu,
sayap juga mampu menghasilkan efisiensi yang lebih tinggi pada jenis sayap dengan winglet.
Kata Kunci: aspect ratio; efisiensi; koefisien drag; koefisien lift; winglet.
Abstract
Wings are a vital component in an airplane because they play a role in the formation of the aircraft's lift
force. Airplane wings also have various parameters that aim to support the performance of aircraft lift,
such as aspect ratio, tapper ratio, offset angle and twist angle. In this study the aspect ratio parameter
was analyzed more deeply to see its effect on wing lift performance such as Cl and Cd. In addition, the
effect of adding winglets will also be studied in this study because these components are commonly found
on current aircraft wings which are intended to increase wing aerodynamic efficiency. As an analysis
material, the CN-235 aircraft wing was chosen in this analysis. The analysis was carried out using a
simulation method using Ansys Fluent to obtain the characteristics of Cl and Cd. This method produces
geometry, flow behavior, and aerodynamic characteristics of the wing using the RANS (Reynolds
Averaged Navier-Stokes) equation with the turbulent model. The results of the analysis show that
combining aspect ratio variations and adding winglets to the wing planform results in a wing capable of
achieving a lower maximum angle of attack than other wing variations and a higher lift coefficient. In
addition, the wings are also able to produce higher efficiency on the types of wings with winglets.
Keywords: aspect ratio; efficiency; drag coefficient; lift coefficient; winglets.


Keywords


aspect ratio; efisiensi; koefisien drag; koefisien lift; winglet.

Full Text:

PDF

References


S. Syamsuar, “Analisis Data Uji Prestasi

Terbang Field Performance Pada

Pesawat Udara CN235,” War. Penelit.

Perhub., vol. 25, no. 5, p. 337, 2019,

doi: 10.25104/warlit.v25i5.736.

R. Febritasari, A. A. I. Yusuf, T. A.

Sutrisno, I. K. A. Widi, and A. D.

Korawan, “Analisa Pengaruh Panjang

Muffer Pada Mesin 4 Tak

Berkapasitas 125cc Terhadap

Karakteristik Daya dan Torsi Mesin

Menggunakan Pengujian dyno dan

Komputasi Fluida Dinamis,” J. Mech.

Eng. Manuf. Mater. Energy, vol. 7, no.

, pp. 43–53, 2023.

Generator),” J. Teknol. Dirgant., vol.

, no. 1, p. 45, 2017, doi:

30536/j.jtd.2017.v15.a2518.

J. E. Guerrero, M. Sanguineti, and K.

Wittkowski, Variable cant angle

winglets for improvement of aircraft

flight performance, vol. 55, no. 10.

Springer Netherlands, 2020. doi:

1007/s11012-020-01230-1.

I. Hanif, G. Jatisukamto, A. Amroe, and A.

Nafi, “Pengaruh Sudut Tekuk ( Cant )

Winglet Menggunakan Airfoil Naca

Pada Aerodinamika Sayap

Pesawat,” no. 3, pp. 41–45, 2017.

M. E. Ferguson, “Design and

Computational Fluid Dynamics

Analysis of an Idealized Modern

Wingsuit,” 2017.

R. Bur, D. Coponet, and Y. Carpels,

“Separation control by vortex

generator devices in a transonic

channel flow,” Shock Waves, vol. 19,

no. 6, pp. 521–530, 2009, doi:

1007/s00193-009-0234-6.

R. Wawan, “ANALISIS PENGARUH

KONTROL AKTIF SEPARASI

ALIRAN PADA MODEL

KENDARAAN TERHADAP

HAMBATAN AERODINAMIKA,”

file:///C:/Users/VERA/Downloads/AS

KEP_AGREGAT_ANAK_and_REM

AJA_PRINT.docx, vol. 21, no. 1, pp.

–9, 2020.

M. W. Pane, Andreas, and R. Samosir,

“Perancangan Turbin Angin Vertikal

Modifikasi Darries Menggunakan

Geometri Airfoil Naca 2412,” J. Mech.

Eng. Manuf. Mater. Energy, vol. 7, no.

, pp. 178–187, 2023.

R. Samosir, M. Pane, and J. H.

Lumbantoruan, “Perancangan Turbin

Angin Vertikal Modifikasi Gabungan

Savonius dan Darrieus Menggunakan

Geometri NACA 0018,” J. Mech. Eng.

Manuf. Mater. Energy, vol. 5, no. 1,

pp. 69–77, 2021.

S. M. Berkowitz, Theory of wing sections,

vol. 249, no. 3. 1950. doi:

1016/0016-0032(50)90516-3.

N. Husnayati and M. A. Moelyadi,

“Analisis Aerodinamika Dan Studi

Parameter Sayap Cn-235 Kondisi

Terbang Jelajah ( Aerodynamic

Analysis and Parametric Study of Cn-

Wing At Cruise Condition ),” J.

Kaji. Teknol., vol. 11, no. 2, pp. 127–

, 2013.

B. R. Munson, T. H. Okiishi, W. W.

Huebsch, Rothmayer, and A. P,

Fundamentals of Fluid Mechanics

Seventh Edition. 2013.

J. D. Anderson, Fundamentals of

Aerodynamics (6th edition), vol. 1984,

no. 3. 2011.

J. D. Anderson, S. Corda, and D. M. Van

Wie, “Numerical lifting line theory

applied to drooped leading-edge wings

below and above stall,” J. Aircr., vol.

, no. 12, pp. 898–904, 1980, doi:

2514/3.44690.

A. Romadhon and D. Herdiana, “Analisis

Cfd Karakteristik Aerodinamika Pada

Sayap Pesawat Lsu-05 Dengan

Penambahan Vortex Generator

(Analysis of Cfd Aerodynamic

Characteristics At the Wing of Aircraft

Lsu-05 With the Addition of Vortex




DOI: https://doi.org/10.52447/jktm.v8i1.7020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.