PEMILIHAN MATERIAL TANGKI UNTUK BAHAN BAKAR MARINE FUEL OIL(MFO)

Abdul Rachman, Roy Kasiono, Muhammad Nurdin, Suparman Suparman

Abstract


Bejana bertekanan dalam hal ini adalah tangki MFO, didesain untuk menahan gas atau liquid pada tekanan yang jauh berbeda dengan tekanan normal. Berbagai bentuk tangki yang selama ini digunakan sebagai bejana bertekanan antara lain spheres, cylinders dan cones. Namun, karena sulitnya manufaktur membentuk lingkaran atau sphere, maka desain dengan bentuk silinder lebih banyak digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi lapangan dan software untuk mengetahui kekuatan material bahan tangki MFO yang aman, Dari hasil perhitungan bahwa tegangan-tegangan yang terjadi yaitu tegangan longitudinal dan tegangan keliling, yang terbesar terjadi pada tegangan keliling dengan menggunakan las tumpang yaitu sebesar 4,832 MPa untuk material AISI 304 L, dan tegangan termal akibat beda suhu besarnya adalah 4,486 MPa pada suhu 100oC, tetapi masih lebih kecil dari tegangan yang izin bahan. Semakin besar suhu yang terjadi semakin besar tegangan termal yang terjadi tetapi masih lebih kecil dari tegangan izin bahan. Dan semakin tebal dinding tangki (5 mm menjadi 6 mm), maka semakin kecil tegangan yang terjadi (8,528 MPa menjadi 7,106 MPa, tetapi masih kecil dari tegangan izin bahan (56,819 MPa).


Keywords


tegangan longitudinal, tegangan keliling, las temu, las tumpang, tegangan izin bahan

References


B. Indriyana and C. W. Wullur, “Metode Pemilihan Material Tabung CNG MenggunakanMetode Performace Indexes,” Musamus J. Electro Mech. Eng., vol. 1, no. 02, pp. 46–52, 2019, doi: 10.35724/mjeme.v1i02.1490.

P. Mahardhika and A. Ratnasari, “Perancangan Tangki Stainless Steel untuk Penyimpanan Minyak Kelapa Murni Kapasitas 75 m3,” J. Teknol. Rekayasa, vol. 3, no. 1, p. 39, 2018, doi: 10.31544/jtera.v3.i1.2018.39-46.

H. Yoga Pangestu, B. Prasojo, M. Muhadi, and E. Prayitno, “Desain Dan Pemodelan Storage Tank Kapasitas 40.000 KL Menggunakan Software Integraph Tank,” Proc. Natl. Conf. Pip. Eng. Its Appl., vol. 3, no. 1, p. 4, 2018.

Z. Liu and Y. Li, “Thermal physical performance in liquid hydrogen tank under constant wall temperature,” Renew. Energy, vol. 130, pp. 601– 612, 2019,doi: 10.1016/j.renene.2018.02.023.

D. I. Pellu et al., “Journal Mechanical Engineering ( JME ). VOL . 2 NO . 3 Desember 2024 ANALISIS LAJU KOROSI ROOFTOP TANGKI 100 KL YANG TERPAPAR LANGSUNG DENGAN AIR LAUT DI PLTD NAMLEA KABUPATEN BURU,” vol. 2, no. 3, pp. 198–207, 2024.

R. Alida and A. P. Anjastara, “P Penentuan Waktu Pemakaian Storage Tank Melalui Analisa Data Hasil Pengukuran Ultrasonic Thickness Pada Tangki Tep-028 Di Stasiun Pengumpul Jemenang Pt Pertamina Ep Asset 2 Field Limau,” J. Tek. Patra Akad., vol. 11, no. 02, pp. 26–32, 2021, doi: 10.52506/jtpa.v11i02.111.

J. Edy and A. Mahdi N, “Analisis Kekuatan Konstruksi Bejana Tekan Terhadap Tekanan Hydrostatic Test,” J. Power Plant, vol. 1, no. 1, pp. 42–44, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.itpln.ac.id/powerplant/ article/view/794

I. F. Akbar, H. Yudo, and I. P. Mulyano,“AnalisisKekuatan Tangki Penyimpanan Crude Oil 38T-104 Berbentuk Silinder dengan Tipe External Floating Roof pada PT Pertamina RU IV Cilacap,” J. Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 4, p. 785, 2020, [Online]. Available: http://ejournal3.undip.ac.id/index.ph p/naval

A. Firmansyah, “Analisis Kekuatan Tangki CNG Ditinjau Dengan Material Logam Lapis Komposit Pada Kapal Pengangkut Compressed Natural Gas,” J. Tek. Pomtis, vol. 2, no. No.1, pp. 67–72, 2013, [Online]. Available:https://media.neliti.com/media /publicationscati/148935-ID analisis-kekuatan-tangki-cng-ditinjau de.pdf

R. Rahman Prabowo, B. Prasojo, and D. Wardani, “Desain Storage Tank Kapasitas 450 kL Menggunakan One Foot Method dan Perhitungan Estimasi Biaya,” J. Ilm. Teknol. dan Rekayasa, no. 2656, pp. 1–4, 2021.




DOI: https://doi.org/10.52447/jktm.v9i2.8243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.