PERANCANGAN ALAT PENGEREMAN CAKRAM PADA KENDARAAN BERMOTOR
Abstract
Sistem pengereman atau braking system Dirancang untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan, perangkat ini sangat penting sebagai fitur keselamatan yang memastikan kendaraan beroperasi dengan aman. Sistem rem ini memerlukan master silinder untuk mentransfer tekanan selama proses pengereman. Dalam tahap perancangan, pemilihan desain konsep sangat penting dengan mempertimbangkan jumlah komponennya seminimal mungkin tanpa mengorbankan fungsi utamanya. Komponen utama dari perangkat ini meliputi motor listrik, kaliper, piringan cakram, master rem, dan bearing.. Dalam penyelesaian pembuatan alat uji sistem rem yaitu dengan menentukan gaya pengereman,setelah itu dilakukan perhitungan untuk menentukandaya motor yang akan di beli sebagai penggerak roda. Berdasarkan hasil perhitungan pada gaya pengereman sebesar 50 N dengan tekanan oli 2,45 N/mm2 diperoleh gaya pengereman sebesar 2564,3 N.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sularso & Suga K, 2002, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, Edisi kesepuluh, Pradnya Paramita, Jakarta.
Suganda. H, Kageyama K, 1996, Pedoman Perawatan Sepeda Motor, Edisikelima, Pradnya Paramita, Jakarta.
Surdia T, Shinroku, 1999, Pengetahuan Bahan Teknik, Edisi keempat,Pradnya Paramita, Jakarta.
Dym.2013. Engineering Design: A Project-BasedIntroduction 4thEdition. USA: Jhonwiley & Sons.inc.
Budynas, R. G., & Nisbett, J. K. (2011). Shigley's mechanical engineeringdesign (Vol. 9, pp. 409- 473). New York: McGraw-Hill.
Rettob, A. E. (2021). RANCANG BANGUN ALAT PERAGA SISTEMPENGEREMAN MOTOR SEDERHANA. Jurnal Teknik AMATA, 2(1), 28-32.
Takala, R. (2010). Product concept design. R. T. T. Keinonen (Ed.). Springer-Verlag London.
Wang, L., Shen, W., Xie, H., Neelamkavil, J., & Pardasani, A. (2002). Collaborative conceptual design—state of the art and future trends. Computer- aided design, 34(13), 981-996.
Subyakto, G. (2011). Pengaruh jenis kanvas rem dan pembebanan Pedal terhadap putaran output roda dan laju keausan Kanvas rem pada sepeda motor. PROTON, 3(2)
DOI: https://doi.org/10.52447/jktm.v9i2.8246
Refbacks
- There are currently no refbacks.