Analisis Pengaruh Suhu Pendingin Terhadap Daya Serap Panas Dan Kinerja Mesin Diesel
Abstract
Mesin diesel merupakan sebuah mesin konversi energi yang mengubah energi thermal hasil reaksi kimia antara bahan bakar dan udara menjadi energi mekanik, berupa Torsi pada poros engkol (crankshaft), kemudian daya yang dihasilkan oleh mesin diesel ditentukan oleh jumlah bahan bakar yang dapat terbakar dengan sempurna di dalam ruang bakar, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suhu pendingin terhadap daya serap kalor mesin pendingin dan kinerja yang dihasilkan oleh mesin diesel.dan dari hasil penelitian ini ada beberapa hal yang penting diantaranya adalah dengan peningkatan putaran mesin umumnya dapat meningkatkan daya mesin, selama tekanan efektif tetap stabil. Namun, jika kecepatan terlalu tinggi tanpa pembakaran yang sempurna, tekanan efektif bisa turun dan efisiensi berkurang, semakin tinggi putaran mesin, semakin banyak panas yang harus diserap oleh sistem pendingin air tawar. Sehingga sistem harus dirancang untuk menjaga suhu tetap stabil meskipun pada beban dan putaran tinggi, dan semakin tinggi putaran mesin, semakin besar panas yang dialirkan ke sistem pendingin, sehingga sistem pendingin air laut harus mampu mengimbangi panas tersebut agar suhu air tawar tetap terjaga dan mesin tidak mengalami overheating
Keywords
References
T. A. Saragih, H. Yudo, and I. P. Mulyatno, “Desain Konseptual Hybrid Engine System pada Kapal Tugboat 1636 HP dengan Kombinasi Diesel Engine dan Electric Motor Yang di Suplai Tenaga Baterai,” J. Tek. Perkapalan, vol. 8, no. 4, pp. 546–554, 2020, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval%0A
M. Y. Djeli and A. Saidah, “Pengaruh Temperatur Pendingin Mesin terhadap Kinerja Mesin Induk di KM TRIAKSA,” Semin. Nas. TEKNOKA, pp. 194–198, 2016.
A. A. Matarry and F. Sanda, “Analisa Performa Efisiensi Mesin Diesel Dengan Eksperimen Variasi Pembebanan Daya Di PT PLN UPTD MG Nunukan,” Elem. J. Politek. Caltex Riau, vol. 8, no. 2, pp. 154–161, 2022, [Online]. Available: https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3058770&val=11166&title=Analisa Performa Mesin Diesel Dengan Variasi Pembebanan Di PT PLN UPLTD MG Nunukan
U. H. Tuah, A. Jl, A. Rachman, and H. No, “Penyebab Menurunnya Putaran Mesin Induk Mengakibatkan Tidak Maksimal Kinerja Mesin Induk No 2 pada Kapal Sulthan Ghifari Rizqullah Junaidy,” no. 4, 2024.
[H. S. A, F. Pujiyanto, and S. Wilastari, “Analisis Ketidakstabilan Performa Kerja Governor Mesin Diesel Penggerak Utama Pada Kapal MV Pekanbaru,” vol. 1, no. 2, pp. 64–71, 2024.
H. - and P. -, “Perawatan Mesin Diesel Pesawat Bantu Kapal,” J. Sains Dan Teknol. Marit., vol. XVIII, no. 1, pp. 91–98, 2018, doi: 10.33556/jstm.v0i1.189.
Sariffudin, H. Widada, and M. F. A. Hase, “Analisis Menurunnya Kinerja Injektor terhadap Proses Pembakaran Motor Diesel di Kapal,” J. Mar. Insid., vol. 3, no. December, pp. 31–42, 2021, doi: 10.56943/ejmi.v3i2.32.
Apriliani,2024, "View of Analysis of Damage to Main Bearing on The Diesel Generator Motors at KM Sabuk Nusantara 89.pdf.” JurnalAplikasiPelayarandanKepelabuhanan, Volume15, Nomer1, September 2024.
DOI: https://doi.org/10.52447/jktm.v10i1.8529
Refbacks
- There are currently no refbacks.