Desain Dan Analisis Kekuatan Chasssis Pada Rancang Bangun Prototipe Mobil Listrik BLDC 1000 Watt Dengan Konsep Shuttle Golf Menggunakan Software Autodesk Inventor Professional 2018
Abstract
Chassis merupakan salah satu bagian penting pada mobil yang harus mempunyai kontruksi kuat untuk menahan atau memikul beban kendaraan. Semua beban dalam kendaraan baik itu penumpang, mesin, sistem kemudi, dan segala peralatan kenyamanan semuanya diletakan di atas rangka. Merancang sebuah chassis juga perlu dilakukan analisis untuk mengetahui kekuatan pada desain chassis. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan desain chassis, mengetahuibhasil analisis kekuatan, dan mengetahui keamanan ladder frame chassis dalam menopang beban pada kendaraan Prototype Mobil Listrik BLDC 1000 Watt dengan Konsep Shuttle Golf menggunakan software Autodesk Inventor Professional 2018. Metode yang digunakan adalah simulasi menggunakan software Autodesk Inventor Professional 2018. Mendesain chassis dimulai dari studi literatur, melakukan permodelan rangka dan penyesuaian dimensi. Desain chassis dianalisis dengan memberikan pembebanan statis yang dilakukan dengan langkah penentuan jenis material, constraints, contacts, beban, mesh, dan melakukan run untuk mengetahui hasil stress analysis, kemudian dilakukan validasi apakah chassis dinyatakan aman. Pada penelitian yang dilakukan menggunakan software Autodesk Inventor Professional 2018 menunjukkan bahwa desain chassis yang dibuat berjenis ladder frame yang dinilai kuat serta dapat digunakan untuk kendaraan umum di area kampus. Chassis menggunakan material baja ISO 10799. Nilai von Mises stress pada material baja steel mild ISO 10799 adalah sebesar 29,48 MPa pada default mesh. Nilai displacement pada material baja steel mild ISO 10799 adalah sebesar 0,03224 mm pada default mesh. Nilai safety factor pada material baja steel mild ISO Chassis 10799 adalah sebesar 7,02 pada default mesh. Desain chassis yang dibuat aman dengan pertimbangan bahwa material baja baja ISO 10799 mudah dicari di pasaran serta memiliki bobot yang ringan tetapi kuat. dinyatakan aman karena erorr dari hitungan safety factor antara software dan perhitungan manual tidak berselisih lebih dari 5%.
Keywords
References
Brown J, C., Robertson A. J., Serpento S.T. (2002). Motor Vehicle Structures: Concepts and Fundamentals. Butterworth-Heinemann Avenue, Woburn. MA 01801-2041 A division of Reed Educational and Proffesional Publishing Ltd
Christanyo, D. G. B., dan I. N. Sutantra. 2012. Studi Eksperimen Kinerja Traksi Kendaraan Hybrid Sapu Jagad. Jurnal Teknik POMITS 1(2): 1-6.
Fakhri, D. D. A., dan I. N. Sutranta. 2019. Analisis Kekuatan Chassis terhadap Impact pada Kendaraan Bus Mitsubishi Fuso FE 84G BC dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga. Jurnal Teknik ITS 8(1): 74-79.
Gan Yu Han, dkk. (2010). A Study On Electrical Car Chassis And Design Principle. Universiti Tenaga Nasional, Putrajaya.
Gere, James M., and Timoshenko, Saaaa P. 1989. Mekanika Bahan, Jakarta:Erlangga
Harsokoesoemo, H. D. 2004. Pengantar Perancangan Teknik. Edisi ke-2. Bandung: ITB.
I Nyoman Sutantra. (2009). Teknologi Otomotif : Teori dan Aplikasinya. Surabaya : Guna Widya
Ismail, R., Munadi, Z. K. Ahmadi, dan A. P. Bayuseno. 2018. Analisis Displacement dan Tegangan Von Mises terhadap Chassis Mobil Listrik Gentayu. Jurnal Rotasi 20(4): 231-236.
Lackie, Frederick A. dan Bello, Dominie J. Dal. (2009). Stregth and Stiffness of Engineering System. United States of America: Springer
Mohd Hanid Mat. (2012). Design and Analysis of ‘Eco’ Car Chassis. International Symposium on Robotics and Intelligent Sensors 2012 (IRIS 2012).
Mott, R. L. 2009. Elemen-Elemen Mesin dalam Perancangan Mekanis. Edisi ke-4.Yogyakarta: Penerbit Andi.
Mott, R. L., E. M. Vavrek, dan J. Wang. 2018. Machine Elements in Mechanical Design. Edisi ke-6. United States: Pearson.
Patel, V.V. dan R.I. Patel. 2012. Structural Analysis of a Ladder Chassis Frame. World Journal of Science and Technology. 2(4): 05-08.
Pandit, S. V. dan A. Patel. 2020. Analysis of LCV Chassis for Optimizing Weight by Using FEM. Smart Moves Journal IJOSCIENCE 6(6): 1-10.
Patil, R. V., P. R. Lande, Dr. Y. P. Reddy, A. V. Sahasrabudhe. 2016. Optimization of Three Wheeler Chassis by Linear Static Analysis. Material Today Proceeding 4: 8806-8815.
R.C. Hibbeler. (2010). Engineering Mechanics Statics and Dynamics : Twelfth Edition. United States of America: Pearson Education,Inc.
Sabardiyanto dan N. Iskandar. 2016. Analisis Mekanik Screw Conveyor Tubular Diameter 200 mm dengan Autodesk Inventor. Jurnal Teknik Mesin S1 4(2): 178-186.
Salimin, Samhuddin, dan I. Adha. 2018. Perancangan dan Analisa Simulasi Pembebanan Chassis Sepeda Wisata Untuk Dua Penumpang Menggunakan Software Autodesk Inventor 2018. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Mesin 3(3): 1-12.
Saputra. I. N.A.A., K. R. Dantes dan I. N. P. Nugraha. 2018. Analisis Tegangan Statik Pada Rancangan Frame Mobil Listrik Ganesha Sakti (GASKI) Menggunakan Software Solidwork. 2014. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin (JJPTM). 8(2): 1-10.
.Shantika, T., T. Kristyadi, dan Hendra. 2020. Simulasi Tegangan pada Chassis Kendaraan Listrik Crossover. Jurnal Kajian Teknik Mesin 5(1): 15-21.
Smith, J. H (Ed.). 2002. An Introduction to Modern Vehicle Design. USA: Elsavier
Wibowo, H., M. N. Ilman, dan P. T. Iswanto. 2016. Analisa Heat Input Pengelasan terhadap Distorsi, Struktur Mikro, dan Kekuatan Mekanis Baja A36. Jurnal Rekayasa Mesin 7(1): 5-12.
Muhammad Arie Agus Setiawan dkk. Simulasi Struktur Sasis Mobil Listrik Menggunakan Finite Element Analysis (FEA), (Vol. 2, No. 2, 2021)
Bayu Saputro, Hadi Pranoto ( 118-122) 2022, pp. 32 – 40) “Analisis kegagalan dengan metode elemen hingga pada chassis mobil listrik Geni Biru KMHE 2020”
Weriono, W. and Siregar, A.M. (2023) ‘Sistem Orientasi Tegangan Pada Chasis Aisi 4130 Gokart”
Aris Toteles dan Firman alhaffis (Vol. 7 No. 1, April 2021) “Analisis Material Konstruksi Chasis Mobil Listrik Laksamana V2 Menggunakan Software Autodesk Inventor”
DOI: https://doi.org/10.52447/jktm.v10i1.8531
Refbacks
- There are currently no refbacks.