ANALISA KINERJA RUAS JALAN MEDAN MERDEKA BARAT, DKI JAKARTA

M. Vikri M. Septiansyah, Dwi Novi Wulansari

Abstract


DKI Jakarta sebagai kota paling terbesar di Indonesia memiliki karakteristik jalan raya dengan tingkat kemacetan yang tinggi, salah satunya terjadi pada Jalan Medan Merdeka Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja ruas Jalan Medan Merdeka Barat, DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian mengikuti analisis yang terdapat pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Penelitian ini meninjau ruas Jalan Medan Merdeka Barat yang terbagi menjadi 2 segmen, yaitu segmen 1 adalah ruas Jalan Medan Merdeka Barat dengan arus lalu lintas dari arah utara dan segmen 2 adalah ruas Jalan Medan Merdeka Barat dengan arus lalu lintas dari arah selatan. Pengumpulan data arus lalu lintas dilakukan dengan survey lalu lintas untuk setiap arah. Survey dilakukan selama 2 (dua) hari, yaitu hari kerja (weekdays) dan hari libur (weekends) untuk satu jam puncak pagi, siang dan sore. Hasil yang diperoleh dari analisis adalah tingkat pelayanan ruas Jalan Medan Merdeka Barat dengan arus lalu lintas dari arah utara (segmen 1) adalah D dengannilai V/C ratio 0,84 dan kecepatan rata-rata sebesar 48 km/jam. Sedangkan tingkat pelayanan ruas Jalan Medan Merdeka Barat dengan arus lalu lintas dari arah selatan (segmen 2) adalah C dengan nilai V/C ratio 0,45 dan kecepatan rata-rata sebesar 41 km/jam.

Full Text:

PDF

References


BPS Provinsi DKI Jakarta. 2017. Jakarta dalam angka jakarta in figures 2017. BPS Provinsi DKI Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Koloway, B.S., 2009. Kinerja Ruas Jalan Perkotaan Jalan Prof Dr. Satrio, DKI Jakarta. Journal of Regional and City Planning, 20(3), pp.215-230.

Pradana, M.F. and Bethary, R.T., 2016. Analisis Kinerja Tiga Ruas Jalan Utama Kota Cilegon. Jurnal Fondasi, 5(1).

Tamin, O.Z., 2000. Perencanaan dan Permodelan Transportasi edisi ke-2. Penerbit ITB: Bandung.

Titirlolobi, A.I., Lintong, E. and Timboeleng, J.A., 2016. Analisa Kinerja Ruas Jalan Hasanuddin Kota Manado. Jurnal Sipil Statik, 4(7).




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v3i2.1354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung