PEMETAAN POTENSI PLTMH SUNGAI CIBERANG PADA KAWASAN HUTAN DESA LEBAK SANAB, KECAMATAN CIGUDEG, KABUPATEN BOGOR

Ika Sari Damayanthi Sebayang

Abstract


Dalam rangka mendukung program pemerintah, pembangunan listrik dengan kapasitas 35.000 Mega Watt, maka telah dilakukan penelitian aliran sungai Sungai Ciberang di Desa Lebak Sanap, Kabupaten Bogor sebagai salah satu potensi energi terbarukan. Pada penelitian sebelumnya, didapatkan grafik Flow Duration Curve (FDC) yang dapat dijadikan dasar dalam menentukan debit desain untuk saluran dan infrastruktur Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

Untuk mendapatkan gambaran jalur waterway yang baik terhadap lokasi terutama di kawasan hutan, maka perlu dilakukan Reconnaissance Survey dalam rangka penjajakan jalur waterway PLTM  di Desa Lebak Sanap Kecamatan Cigudeg ini. Metoda dan prosedur pengukuran yang dilakukan adalah mengikuti standarisasi pemetaan untuk PLTMH yang meliputi Pengukuran Kerangka Dasar Horisontal/Poligon, Pengukuran Kerangka Dasar Vertikal/Trigonometri, Pengukuran Detail Situasi, Profil Memanjang dan Profil Melintang. Penggambaran menggunakan perangkat lunak Autocad. Penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi berupa informasi mengenai peta situasi dengan skala yang cukup baik dan juga potongan memanjang dan melintang yang dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan jalur waterway  PLTMH di Sungai Ciberang yang ditinjau.


Full Text:

PDF

References


Asdak C., 1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Artono A., Susumu K., 1975. Teknik Tenaga Listrik Jilid 1 Pembangkit dengan Tenaga Air, PT Pradnya Paramita, Jakarta.

Balai Pemetaan Tematik Dan Prasarana Dasar, Pusat Pengolahan Data, Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, Survei Dan Pemetaan Menggunakan GPS, 2015.

Chow V. T., 1964. Handbook Of Applied Hydrology, Mc Graw-Hill. New York.

Departeman Pertambangan dan Energi Perusahaan Umum Listrik Negara, 1986. Kondisi Spesifik Indonesia Bagian 2: Pembangkit Listrik Tenaga Air, Jakarta.

GIS Development. 2006. Application of GIS in watershed, (online; accessed August 06) Available: www.gisdevelopment/application/ watershed/watws005.htm

Greene, R, G. (1995), Urban Watershed Modeling Using Geographic Information System. Journal of Water Resources Planning And Management.

Indra, Z., dkk, 2012, Analisis Debit Sungai Munte Dengan Metode Mock Dan Metode Nreca Untuk Kebutuhan Pembangkit Listrik Tenaga Air, Propinsi Kalimantan Selatan, Jurnal Sipil Statik Vol.1 No.1, November 2012, Indonesia.

Mock, F.J, Land, 1973. Capability Appraisal Indonesia Water Availibility Appraisal, Food and Agriculture Organization of The United Nation, Bogor.

Rompies, W. C., dkk, 2013, Analisis Potensi Sumber Daya Air Sungai Kayuwatu Wangko Untuk Perencanaan Pembangkit Listrik Di Desa Karor Kec. Lembean Timur Kab. Minahasa, Jurnal Sipil Statik Vol.1 No.10, September 2013, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v5i1.1877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung