PENGARUH TARIKAN PERJALANAN PADA MALL PEKANBARU DAN PLAZA SENAPELAN TERHADAP TINGKAT PELAYANAN SAAT INI DAN PROYEKSI 5 TAHUN KE DEPAN

husni mubarak

Abstract


Penelitian ini mengukur kinerja lalu –  lintas pada ruas jalan, menentukan besarnya tarikan bangkitan perjalanan, serta menentukan prediksi tarikan perjalanan pada pusat kegiatan Mall Pekanbaru dan Senapelan. Penelitian dilakukan dengan cara : P enempatan tempat survei yang dapat mempermudah pengamatan, pada setiap lajur ditempatkan dua orang, p engambilan data arus lalu lintas menggunakan hand counter, serta pengambilan data primer yang dilakukan didua tempat selama 4 hari.

Hasil pe nelitian menunjukkan, untuk Jalan arteri p rimer S udirman volume arus lalu lintas harian tertinggi terjadi pada hari Senin sebesar 2823,2 smp / jam, kapasitas (C) Jalan arteri primer Sudirman adalah 5239,08 smp / jam, dan derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,54, untuk tingkat pelayanan jalan arteri primer Sudirman berada pada tingkat pelayanan C, sedangkan untuk jalan Teuku Umar volume arus lalu lintas harian rata – rata tertinggi terjadi pada hari Sabtu sebesar 754,2 smp / jam, kapasitas (C) Jalan Teuku Umar adalah 2610,96 smp / jam, dan derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,29, untuk tingkat pelayanan jalan Teuku Umar berada pada tingkat pelayanan B. Pengaruh tarikan perjalanan pada Mall Pekanbaru dan Plaza Senapelan terhadap tingkat pelayanan saat ini dan ruas jalan yang terkait adalah pada hari libur pada ruas jalan arteri primer Sudirman adalah sebesar 0,42 dan hari kerja 0,54, untuk ruas jalan Teuku Umar pada hari libur sebesar 0,29 dan hari kerja 0,16. Dari analisis pembahasan interprestasi model didapatkan jumlah tarikan pada Mall Pekanbaru pada tahun 2014 dari semua zona yang telah ditentukan mencapai angka total (dalam sampel) sebesar 892,299 perjalanan / hari. Sedangkan analisa prediksi pada Mall Pekanbaru pada tahun 2019 sebesar 2367 perjalanan / hari dan untuk Palaza Senapelan sebesar 2685 perjalanan / hari.

Full Text:

PDF

References


Anonim, 1997, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997)”. Direktorat Jendral Bina Marga.

BPS Kota Pekanbaru, 2013. Pekanbaru Dalam Angka 2012, Badan Pusat Statistik. Kota Pekanbaru, Riau.

Black, John, 1981, Urban Transport Planning : Theory and Practice, Croom Helm, London.

Hadjisarosa, Purnomosidi. 1979, Studi Manajemen Lalu Lintas, S ub.Dit. Perencanaan Jalan Kota, Dit.Pras. Dit.Jen. Bina Marga, Jakarta.

Kudus, Abdul., 2010. Pengantar Rekayasa Lalu Lintas. Penerbit UIR PRESS

Kusbiantoro, BS. 1997, Arah Kebijaksanaan Transportasi Perkotaan, Bunga Rampai Perencanaan Pembangunan di Indonesia, PT. Gramedia, Jakarta.

Morlok, Edward K., 1988. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi (Terjemahan Johan K. Hainin). Penerbit Erlangga. Jakarta.

Sufren, 2014. Belajar Otodidak SPSS Pasti Bisa. Penerbit PT Elex Media Komputindo. Sugiyono, 2011. Statistika Untuk Penelitian. Penerbit Alfabeta Bandung.

Tamin, Ofyar Z. 2000, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi (edisi kedua).




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v1i1.285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung