ANALISIS STABILITAS LERENG DAN PERENCANAAN DESAIN DINDING PENAHAN TANAH TIPE GRAVITY WALL (Studi Kasus : Area Perumahan The Ariston, Gunung Pati, Kota Semarang)

Rekso paat, Tri Wahyu Kuningsih

Abstract


Penelitian kali ini berfokus pada perhitungan stabilitas dinding serta ketahanan tanah dalam menahan struktur dinding. Pada penelitian kali ini telah dilakukan berbagai analisa kestabilan antara lain adalah kemampuan menghadapi tegangan geser, momen guling dan daya tanah terhadap keruntuhan. Indikator yang digunakan dalam penelitian adalah faktor keselamatan dengan nilai SF ≥2 untuk kondisi tanah lempung.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti membuat sebuah desain konstruksi dinding penahan tanah tipe Gravity Walls dengan dimensi H1 = 6,235 m, H2 = 0,5 m, b1 = 0,6 m b2, 1,525 m. Dalam perhitungan analisa terhadap kesabilan dinding dan daya dukung tanah, hasil yang didapatkan untuk tegangan geser adalah 2,80197 ≥ 2 (OK), momen terhadap guling 2,51642 ≥2 (OK) dan nilai daya  dukung tanah lebih dari tegangan maksimal yang dihasilkan. Sedangakan anggaran untuk pembuatan Dinding Penahan Tanah hasil desain adalah sebesar  Rp3.977.093.063,- (Tiga Milyar Sembilan Ratus Tujuh Puluh Tujuh Juta Tiga Sembilan Puluh Tiga Ribu Enam Puluh Tiga Rupiah)



Full Text:

PDF

References


Das, B.M. 1993. Mekanika Tanah Jilid 1. Terjemahan Dalam Bahasa Indonesia. Erlangga. Jakarta.

Hardiyatmo, Hary Christiady. 2014. Analisa Perencanaan Fondasi 1. Gadjah Mada Univesity, Yogyakarta.

Kalalo, Melania. 2017. Analisis Stabilitas DInding Penahan Tanah (Studi Kasus : Sekitar Areal PT. Trakindo,Desa Maumbi, Kabupaten Minahasa Utara). Jurnal Sipil Statik Vol 5 No. 5. Manado.

Maulana, Rillo 2019. Perencanaan Modified Diaphragm Wall Sebagai Dinding Penahan Tanah Pada Proyek Verde II Condominiums, Jakarta Selatan. Sekolah Tinggi Teknik PLN. Jakarta

Nurrohman, Ivan dkk. 2017. Analisis Dinding Penahan Tanah Tipe Gravitasi Pada Lereng di Desa Sumbersari, Tirtomoyo, Wonogiri. E-jurnal Matriks Teknik Sipil. Universitas Sebelas Maret, Surakarata

Ramadhani, Sriyati. 2010. Perencanaan Dinding Penahan Tanah Tipe Gravitasi Pada Lokasi Bukit BTN Teluk Palu Permai. Jurnal Smartek Vol. 8, No. 1. Universitas Tadulako. Palu

SNI 2836-2008 Tata Cara Perhitungan Harga Satuan Pekerjaan Pondasi Untuk Konstruksi Bangunan Gedung dan Perumahan.

Tanjung,Amalia dkk 2016. Perencanaan Dinding Penahan Tanah Tipe Penyangga Pada Tebing Sungai Lematang Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v5i2.4753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung