PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH SERAT BAJA TERHADAP KEKUATAN DAN MODULUS ELASTISITAS BETON

Oky Sandra Pitaloka

Abstract


Secara struktur beton mempunyai sifat mekanis seperti mempunyai tegangan tekan cukup besar yang merupakan kelebihannya dan mempunyai kuat tarik dan getas yang merupakan kelemahannya. Untuk meningkatkan kemampuan beton bisa dengan menambahkan serat-serat baja. Metode penambahan serat baja masih jarang dilakukan dikarenakan masih kurang ekonomis. Oleh karena itu pada penelitian ini digunakan alternatif serat baja yang lebih murah dan ramah lingkungan yaitu serat kawat yang berasal dari limbah ban bekas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji menggunakan campuran beton dengan variasi prosentase dan mengukur seberapa besar pengaruh dari berbagai variasi tersebut terhadap sifat-sifat fisis dan mekanis beton. Dalam Penelitian ini peneliti akan menguji beton normal dan beton serat dengan menggunakan serat kawat ban bekas dengan prosentase 0,5 %, 1,5 %, 2,5 % Dari hasil pengujian kuat tekan pada umur 7, 14 dan 28 hari dengan penambahan  serat baja sebesar 0,5%, 1,5%, mengalami kenaikan yang signifikan dibandingan dengan beton normal, pada presentase sebesar 2,5% menghasilkan kuat tekan tertinggi dibandingkan dengan beton lainnya yaitu sebesar 31,48 MPa Sedangkan dari hasil pengujian kuat tarik lentur pada umur 7, 14, 28 hari dengan penambahan  serat baja sebesar 0,5%, 1,5%, mengalami kenaikan yang signifikan  pada tes kuat tarik lentur dibandingkan dengan beton  normal. Pada penambahan serat baja dengan  presentase 2,5% pada mengalami menghasilkan kuat tarik lentur tertinggi dibandingkan dengan beton lainnya yaitu sebesar 7,41 MPa.

Kata Kunci : Beton serat, Serat Baja, Kuat tekan


Full Text:

PDF

References


Adiprakoso, SF. 2013, “Studi Perilaku Kuat Tekan Pada Beton Beserat Baja”. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Indonesia. Jakarta.

Kusumawati, A. 2010, “Pengaruh Pemakaian Serat Baja Ban Bekas pada Beton dengan Agregat Daur Ulang Terhadap Kuat Tarik Belah dan Modulus Of Rupture”, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil, Universitas, Sebelas Maret, Surakarta.

Primasari, AP. 2010, “Pengaruh Penambahan Serat Baja Ban Bekas Dan Penggunanaan Agregat Daur Ulang Terhadap Susut Kering Pada Beton Precast”, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v5i2.4773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung