PENYUSUNAN SKALA PRIORITAS REHABILITASI KERUSAKAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM DI KABUPATEN BANJARNEGARA

Pralambang Galih Wicaksono

Abstract


Rasio antara jumlah penduduk dengan pasokan PDAM Kabupaten Banjarnegara sudah tidak signifikan. Masyarakat berupaya memenuhi kebutuhan air bersih sebagai kebutuhan konsumsi minum. Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi tahun 2012 masyarakat Banjarnegara didampingi Dinas Pekerjaan Umum membangun sistem penyediaan air minum.Analytical Hierarchy Process untuk menentukan skala prioritas rehabilitasi SPAM. Hasil penilaian kinerja BPSPAM diperoleh nilai akhir 2,081. Perhitungan skala prioritas didapat bobot dari kelima kriteria yaitu tingkat kerusakan 37,2%; budgeting rehabilitasi 11,6%; jumlah pelanggan BPSPAM 37,2%; dan partisipasi masyarakat 13,9%, tingkat kerusakan dan jumlah pelanggan memberikan penilaian prioritas rehabilitasi SPAM di Kabupaten Banjarnegara. Penentuan skala prioritas rehabilitasi SPAM Kabupaten Banjarnegara dengan metode AHP menunjukkan decision scors adalah 32,3% BPSPAM Tirta Sari, artinya prioritas pertama rehabilitasi jaringan SPAM Kabupaten Banjarnegara dilakukan di BPSPAM Tirta Sari, prioritas kedua di BPSPAM Tirta Lestari, prioritas ketiga di BPSPAM Banyu Lestari, prioritas keempat di BPSPAM Tirta Modal, dan prioritas kelima di BPSPAM Banyu Mulya.Kata kunci : kinerja, skala prioritas rehabilitasi, BPSPAM, sistem penyediaan air minum

Full Text:

PDF

References


Bernadin, dan Russel, dalam Gomes, (2000).Human Resource Management, An Experiential Approach, Internasional Edition: Mc Graw-Hill, Inc, Singapore.

Biswas, Asit K. dan Cecilia Tortajada, 2010, Water Supply of Phnom Penh: An Example of Good Govermence, International Journal of Water Resources Development, 26: 2, 157 - 172.

Departemen Dalam Negeri RI, 1998, Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 7 Tahun 1998 Tentang Kepengurusan Perusahaan Daerah Air Minum.

Departemen Pekerjaan Umum RI, 2006, Penyelenggaraan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum.

Departemen Pekerjaan Umum RI, 2010, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 14/PRT/M/2010 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Direktorat Jenderal Cipta Karya Departeman Pekerjaan Umum Republik Indonesia, 1998, Keputusan Direktur Jenderal Cipta Karya Nomor 62/KPTS/CK/1998 Tentang Petunjuk Teknis Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengawasan Pembangunan Pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan.

Harrington,K.R.,1991,Business Process Improvement; The Breakthrough Strategyfor TotalQuality, Productivityand Competitiveness, New York.

Hickey, Harry E., 2008, Water Supply Systems and Evaluation Methods, FEMA, Amerika Serikat.

Hudson, W.R., 1997, Infrastructure Management, McGraw-Hill, New York.

Keban, Yeremias T, 2008, Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori, dan Isu, Edisi Kedua. Cetakan Pertama, Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.

Kelly, Amy, and M. Tincani, 2013, Collaborative Training and Pratice Among Applied Behavior Analysis Who Support Individuals With Autism Spetrum Disorder. Education and Training in Autism and Developmental Disabilities 48 (1) pp: 120-131

Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 47 Tahun 1999 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum.

Kumar, Mohan., dkk., 2013, Urban Water Supply and Management, Journal of the Indian Institute of Science VOL 93:2.

Likert RA. 1932. Technique for the measurement of attitudes. Archives of Psychology, 140 pp: 1-55.

Linsley, Ray K., 1979, Water Resources Engineering, McGraw-Hill, New York.

Mutaqqin, A.Y. 2006.Kinerja Sistem Kunam Yang Berkelanjutan Berbasis Partisipasi Masyarakat (Studi Kasus di Perumahan Josroyo Indah Jaten Kabupaten Karanganyar) (tesis). Semarang: Universitas Diponegoro.

Nazir, Moh., 1983, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Bogor.

Otti V.I., 2012, Developing a Sustainable Water Supply and Sanitation Programme Management in the Rural Areas of Nigeria, International Journal of Engineering and Technology Volume 2 No. 6.

Rangkuti, F. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis (Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21). Edisi kesembilan. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Saaty, T.L, 1980, The analytic hierarchy process, McGraw-Hill, New York.

Soeharto, I.,1995, Manajemen Proyek: Dari Konseptual Sampai Operasional, Jakarta : Erlangga.

Sugiharto, 2006, Kinerja Pelayanan Air Bersih Di Kota Cilegon, Tesis Program Magister Teknik Pembangunan Wilayah Dan Kota Universitas Diponegoro, Semarang.

Suharsimi Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Suryadi, K., dan Ramdhani M. Ali, 2002, Sistem Pendukung Keputusan, Cetakan Keempat, CV. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Triatmadja, R., 2009. Hidraulika Sistem Jaringan Perpipaan Air Minum, Beta Offset, Yogyakarta.

Vanany, Iwan, 2009, Performance Measurement Model dan Aplikasi, Cetakan ke-2 Revisi, ITS Press, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v2i1.578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung