Analisis Kinerja Bundaran dengan Menggunakan Simulasi mikro

Andrean Maulana

Abstract


Penanganan simpang pada kota-kota besar penting untuk diperhatikan agar kepadatan lalulintas tidak terjadi. Dua opsi alternatif terbaik penanganan adalah pengaturan bundaran dan lampu lalulintas. Lingkup wilayah yang ditinjau adalah simpang yang ditangani dan beberapa ruas dan simpang yang terpengaruh. Alat simulasi mikro menjadi alat bantu yang digunakan untuk analisis kinerja lalulintas. Peninjauan aspek perilaku kendaraan menjadi hal unik dalam alat simulasi mikro. Indikator kinerja simpang berupa total tundaan rata-rata, dan ruas berupa kecepatan rata-rata, akan dilihat untuk melihat opsi alternatif mana yang terbaik.Kata kunci : simulasi mikro, tundaan rata-rata, kecepatan rata-rata

Full Text:

PDF

References


Alamilla Aldazaba, Alvaro. 2004. Calibration of the PARAMICS micsrocope traffic simulation model. Ottawa : University of Calgary

Fritzsche, Hans-Thomas. 1994. A Model for Traffic Simulation. Daimler-Benz AG.

England, H. (2015). The Design Manual for Roads and Bridges, London, updated.

Keputusan Menteri Perhubungan No. 96 Tahun 2015.

McNally, MG.2002. Technical Memorandum on Calibration/Validation of Traffic Microsimulation Models. Insitute of Transportation Studies, University of California. Irvine.

Oketch T dan Carrick M. 2005. Calibration and Validation of a Micro-Simulation Model in Network Analysis. Washington DC.

PARAMICS User Guides – Version 6.2008. Quadstone Ltd, Edinburgh, UK.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v2i1.580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung