ANALISA RISIKO KONSTRUKSI DINDING PENAHAN TANAH TAHAP PEKERJAAN BASEMENT PADA BANGUNAN GEDUNG TINGGI

Denny Magni Sundara, Manlian Ronald.A Simajuntak, Sendy Sendy, Novelin Andriana Fransisca tumutar

Abstract


Kebutuhan ruangan yang dapat menampung berbagai aktifitas dilahan yang terbatas, dengan batasan aturan terkait koefisien lantai bangungan (KLB) dan koefisian dasar bangungan (KDB), menyebabkan bangunan dibangun berada dibawah permukaan tanah asli (basement). Konsekuensi yang harus diambil selain biaya yang besar adalah permasalahan teknis terkait metode dan risiko. Hal paling sulit dalam metode konstruksi basement adalah menentukan metode dinding penahan tanah yang cocok. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan Analisa dan mitigasi terhadap risiko sebelum menentukan pilihan metode konstruksi. Analisa dan mitigasi risiko dilakukan dengan menggunakan metode gabungan kualitatif dan kuantitatif berdasarkan sampel pada proyek bangunan gedung yang telah selesai dikerjakan, sedang dikerjakan dan akan dikerjakan. Sampel data diolah dengan Analisa Hazard Identification Risk Assessment Determine Control (HIRADC), Adapun penentuan keputusan dilaksanakan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian ini memberi masukan kepada pemangku kepentingan dalam menentukan pilihan yang cocok jika ingin melaksanakan pekerjaan konstruksi dinding penahan tanah untuk lantai basement, pada bangunan gedung tinggi

Keywords


Dinding Penahan Tanah, Identifikasi Risiko, Risiko Konstruksi

Full Text:

PDF

References


Fakih, Farabi. 2005. Membayangkan Ibukota Jakarta di bawah Soekarno. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Jack R.Fraenkel dan Norman E,Wallen, 2008, “How To Design And Evaluate Research In Education”, The McGraw-Hill Compenies, New Yoork,

Luo T, Wu C, "Safety information cognition: A new methodology of safety science in urgent need to be established," Journal of Cleaner Production, 209 (2019):1182-1194, 2018.

Ramadhani, F.I., Lukman, Hikmad. & Budiono. 2021 “Perencanaan Konstruksi Diaphragm Wall Apartemen XYZ Tangerang Selatan”

Raswitaningrum, Tanjung Rahayu, 2013, “Dinding Penahan Tanah” Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Sipil,

Sarwono, Jonathan. (2009). Riset Bisnis Untuk Pengambilan Keputusan. Yogyakarta Penerbit Andi.

SNI 2847-2013. Tata Cara Perencanaan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung

Taranath, B.S. (2012). “Structural Analysis and Design of Tall Building”, CRC Press, Taylor & Francis Group, Boca Raton.

Ualison, U. R., Marins, F. A., Rocha, H. M., & Salomon, V. A. 2017. The ISO 31000 standard in supply chain risk management. Journal of Cleaner Production, 616-633.

Wesley, Laurence D. 2012, “Soil Mechanic; Residual Metrial Geology; Sediment Geology”, 624.15136, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v8i2.7316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung