IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK DISTRIBUSI UKURAN BUTIR DAN KETIDAKSERAGAMAN SEDIMEN PADA SUNGAI WAY LUNIK

Miskar Maini, Ayudia Hardiyani Kiranaratri, Junita Eka Susanti, Cahyo Agung Saputra

Abstract


Karakteristik distribusi ukuran butir dan tingkat ketidakseragaman sedimen memainkan peran krusial dalam memahami dinamika transpor sedimen di suatu sungai. Studi ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik distribusi ukuran butir serta tingkat ketidakseragaman sedimen pada Sungai Way Lunik guna mengidentifikasi pola distribusi dan implikasinya terhadap proses transpor sedimen. Pengambilan sampel dilakukan pada sembilan cross-section sepanjang sungai untuk mencerminkan variasi kondisi hidraulik dan sumber material sedimen. Analisis laboratorium dilakukan dengan metode pengayakan (sieving) untuk fraksi kasar dan analisis hidrometer untuk fraksi halus. Tingkat ketidakseragaman butiran sedimen dianalisis menggunakan empat metode, yaitu Geometric Standard Deviation, Sorting Coefficient, Kramer’s Uniformity Coefficient, dan Sakai Uniformity Coefficient. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sedimen Sungai Way Lunik memiliki variasi ukuran butir yang cukup besar. Uji laboratorium mengungkap bahwa sedimen di bagian hulu didominasi oleh kerikil, bagian tengah oleh pasir sangat besar, dan bagian hilir oleh pasir sedang hingga kasar. Lokasi CSSWL V memiliki tingkat ketidakseragaman tertinggi dengan rentang ukuran butiran mulai dari halus hingga gravel akibat kecepatan aliran yang rendah, sedangkan CSSWL VII menunjukkan tingkat keseragaman tertinggi. Variasi ini berpengaruh terhadap proses transpor sedimen, terutama di CSSWL V yang berisiko mengalami pendangkalan akibat akumulasi material sedimen. Oleh karena itu, tindakan mitigasi seperti pengerukan perlu dipertimbangkan untuk menjaga dinamika aliran dan kestabilan morfologi sungai.

Keywords


distribusi ukuran butir; ketidakseragaman sedimen; Sungai Way Lunik; transpor sedimen.

Full Text:

PDF

References


Boggs, S., 2006. Principles of stratigraphy and sedimentology. Principles of stratigraphy and sedimentology.

Church, M., Ferguson, R.I., 2015. Morphodynamics: Rivers beyond steady state. Water Resour Res 51. https://doi.org/10.1002/2014WR016862

Einstein, H.A., Abdel-Aal, F.M., 1973. Closure to “Einstein Bed-Load Function at High Sediment Rates.” Journal of the Hydraulics Division 99. https://doi.org/10.1061/jyceaj.0003718

Ettema, R., Mutel, C.F., 2004. Hans Albert Einstein: Innovation and Compromise in Formulating Sediment Transport by Rivers. Journal of Hydraulic Engineering 130. https://doi.org/10.1061/(asce)0733-9429(2004)130:6(477)

Folk, R.L., Ward, W.C., 1957. Brazos River bar [Texas]; a study in the significance of grain size parameters. Journal of Sedimentary Research 27. https://doi.org/10.1306/74d70646-2b21-11d7-8648000102c1865d

Garde, R.J., Rangga Raju, K.G., 2000. Mechanics of Sediment Transport and Alluvial Stream Problems. New Age International Publisher, New Delhi.

Graf, W.H., 1998. Fluvial Hydraulics Flow and Transport Processes in Channels of Simple Geometry, NASPA Journal.

Graf, W.H., 1984. Hydraulics of sediment transport. Hydraulics of sediment transport. https://doi.org/10.5772/25982

Jackson, D.R., Richardson, M.D., 2007. High-Frequency Seafloor Acoustics, High-Frequency Seafloor Acoustics. https://doi.org/10.1007/978-0-387-36945-7

Julien, P.Y., 2018. River Mechanics, Second Edition, River Mechanics, Second Edition. https://doi.org/10.1017/9781316107072

Julien, P.Y., 1995. Erosion and sedimentation. Erosion and sedimentation. https://doi.org/10.1029/99eo00128

Maini, M., Kironoto, B.A., Istiarto, Pamudji, A.P., 2024. Evaluating Manning’s Roughness Coefficient for Flows with Equilibrium and Non-equilibrium Sediment Transport. Jordan Journal of Civil Engineering 18, 65–80. https://doi.org/10.14525/JJCE.v18i1.06

Maini, M., Kironoto, B.A., Rahardjo, A.P., Istiarto, 2023. Flow Characteristics of Equilibrium and Non-equilibrium Sediment Transport Flows. International Journal of GEOMATE 25, 77–86. https://doi.org/10.21660/2023.110.3957

Montgomery, D.R., Buffington, J.M., 1997. Channel-reach morphology in mountain drainage basins. Bulletin of the Geological Society of America 109. https://doi.org/10.1130/0016-7606(1997)109<0596:CRMIMD>2.3.CO;2

Parker, G., 1978. Self-formed straight rivers with equilibrium banks and mobile bed. Part 2. The gravel river. J Fluid Mech 89. https://doi.org/10.1017/S0022112078002505

Shields, I.A., 1936. Anwendung der Aehnlichkeitsmechanik und der Turbulenzforschung auf die Geschiebebewegung. [English title: Application of similarity principles and turbulence research to bed-load movement]. Preussische Versuchsanstalt für Wasserbau und Schiffbau 26.

Sonia, Darsono, S.L.W., Maini, M., 2020. Studi Karakteristik Sedimen dan Laju Angkutan Sedimen di Sungai Way Lunik, in: Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (Ed.), Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATHI) Ke-37. Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia , Palembang, pp. 397–408.

van Rijn, L.C., 1984. Sediment Transport, Part I: Bed Load Transport. Journal of Hydraulic Engineering 110. https://doi.org/10.1061/(asce)0733-9429(1984)110:10(1431)

Wilcock, P.R., Crowe, J.C., 2003. Surface-based Transport Model for Mixed-Size Sediment. Journal of Hydraulic Engineering 129. https://doi.org/10.1061/(asce)0733-9429(2003)129:2(120)




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v10i1.8133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Copyright Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta