Kajian Sistem Pengaturan Tarif Untuk Meningkatkan Jumlah Penumpang

Andrean Maulana, Reza Asriandi Ekaputra

Abstract


Tarif merupakan salah satu faktor terpenting yang akan digunakan oleh masyarakat dalam memilih angkutan umum atau angkutan pribadi. Jenis tarif yang dapat digunakan berupa seragam atau graduated. Lebih dari itu, pengembangan tarif dapat dilakukan untuk meningkatkan pengunaan angkutan umum. Jenis pengembangan tarif dapat dilakukan berdasarkan perubahan tarif dasar dan metode pembelian tiket. Kajian ini ditujukan untuk mengetahui jenis pengembangan tarif seperti apa yang mampu meningkatkan penggunaan angkutan umum. Elastisitas tarif dan perbedaan metode pembayaran tarif menjadi faktor yang dilihat pada kajian pustaka yang dilakukan, sehingga dapat diketahui jenis strategi pengembangan yang mungkin dilakukan. 
Kata kunci : tarif, strategi, elasitisitas, metode pembayaran

Full Text:

PDF

References


Budiman, Dudi,2009, Penentuan Struktur dan Besar Tarif Trans Metro Bandung Koridor Jalan Soekarno Hatta Berdasarkan Pola Pergerakan dan Kemampuan Membayar Masyarakat.: Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, no 23, volume 20 dan hal 151-166. Dian, Rahmad. 1993, Evaluasi Tarif Angkutan Umum Penumpang di Kotamadya Bandung. Skripsi, Program Studi PerencanaanWilayah dan Kota, ITB, Bandung. McCollom, Brian E.2005, TCRP Report 95 : Traveler Response to Transportation System Changes, Chapter 12 Transit Pricing and Fares. Washington : TRB. Rizki, Muhammad Arief. 2013, Pengaruh Cycle Time Terhadap Kapasitas Jalur dan Biaya Pokok Jasa Angkutan, Studi Kasus Trans Metro Bandung Koridor Cicaheum-Cibeureum. Skripsi. ITB, Bandung.

Jurnal kajian Teknik Sipil Vol.2 No.2 Page 8

Vuchic, Vukan R. 2005, Urban Transit : Operations, Planning and Economics. New Jersey, John Wiley and Sons, Inc : New Jersey, Canada.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v2i2.895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung