Pengaruh Kompensasi Dewan dan Good Corporate Government Terhadap Manajemen Pajak Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Moderasi ( Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Ada Di BEI Periode 2009-2012 )

Indah Surya Afrina

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi dewan terhadap manajemen pajak secara parsial.Untuk mengetahui pengaruh good corporate government terhadap manajemen pajak secara parsial.Untuk mengetahui pengaruh kompensasi dewan dan corporate government terhadap manajemen pajak secara simultan.Untuk mengetahui hubungan kinerja keuangan melalui kompensasi dewan terhadap manajemen pajak. Untuk mengetahui hubungan kinerja keuangan melalui corporate government terhadap manajemen pajak.

Jumlah populasi yang diteliti adalah 130 perusahaan manufaktur , tetapi yang diambil untuk penelitian ini adalah 14 perusahaan dari tahun 2009-2012. Teknik pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji asumsi klasik dengan SPSS 16.00.

 

Hasil penelitian ini mengidentifikasi bahwa Kompensasi Dewan berpengaruh secara signifikan tehadap Manajemen Pajak,Good Corporate Government tidak berpengaruh signifikan pada manajemen pajak.Kompensasi Dewan dan Good Corporate Government berpengaruh secara tidak signifikan terhadap manajemen pajak . Manajemen Keuangan Perusahaan memoderasi Kompensasi Dewan dan tidak memoderasi Good Corporate  Government.

 

Kata kunci : Kompensasi Dewan , Good Corporate Government , Manajemen Pajak , Kinerja Keuangan Perusahaan

 


References


Ali ,Irfan 2002. Pelaporan Keuangan dan Asimetri Informasi dalam Hubungan Agensi. Lintasan Ekonomi Vol. XIX. No.2. Juli 2002.

Bernad H..2011. “Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Pajak (Studi Kasus Pada Perusahaan Non Keuangan Yang Terdaftar di BEI)” Skripsi Tidak Dipublikasikan, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Djoko Muljono.2006 Akuntansi Pajak dan Ketentuan Umum Perpajakan.

Erly Suandy, 2005, Hukum Pajak, Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

FCGI,2002. Peranan Dewan Komisaris dan Komite Audit dalam pelaksanaannya Coorporate Government(Tata Kelola Perusahaan), Jilid 2,Jakarta.

Graham, John R. and Alan L. Tucker. 2006. Tax Shelter and Corporate Debt Policy. Journal of Financial Economics 81 (3): 563-594.

Hapsari Maharani.2011 "Globalizationand Environmental Reform in Developing

Countries: Potentials and Limits of Ecological Modernization".Yogyakarta

Hasibuan, H. Malayu Manajemen Sumber Daya Manusia,2002 Edisi Revisi Kedua, Penerbit BPFE-UGM, Yogyakarta.

Irawan, Hendra Putra dan Aria Farahmita. 2012. “Pengaruh Kompensasi Manajeman dan Corporate Governance Terhadap Manajemen Pajak Perusahaan.” Simposium Nasional Akuntansi XV. Banjarmasin.

Irianto, Yusuf, Tema-Tema Pokok Manajemen Sumber Daya Alam,2001, Penerbit Insan Cendikiawan, Surabaya.

Jensen,M.C and Meckling W.H 1976. Managerial Behavior Agency Cost and Ownership Structure.University of Rochester,USA

Lawler, E.E.,III. 1984. The strategic design of reward systems. In R.S. Schuler & S.A. Young- blood (Eds.). Readings in personnel and human resource management St. Paul. MN: West Publishing.

McCarthy, Jonathan, and Egon Zakrajsek 2000. "Microeconomic Inventory Adjustment: Evidence from U.S. Firm-Level Data," Finance and Economics Discussion Series 2000-24. Board of Governors of the Federal Reserve System (U.S.).

Miller. D. 1986. Configurations of strategy and structure: Towards a synthesis. Strategic Management Journal. 7

Minnick, Kristina dan Tracy Noga. 2010. Do Corporate Governance Characteristics Influence Tax Management?. Journal of Corporate Finance, 16, 703-718.

Suliyanto, 2011, Ekonometrika Terapan Teori dan Aplikasi dengan SPSS.

Undang-Undang No.28 Tahun 2007. Perubahan Ketigat Atas Undang-Undang

Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Undang-Undang No.36 Tahun 2008. Perubahan Keempat Atas Undang-Undang

Nomor 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan.

Yunanto A.K, Analisis Kinerja Keuangan Bank Syariah Mandiri Periode 2002- 2007 (Dengan Pendekatan PBI No.9/1/PBI/2007), vol. II, No. 1, (La Riba: Jurnal Ekonomi Islam, 2008).

Yustiavandana Ivan ,Surya Indra, Nefi Arman .2006.Penerapan good corporate governance: mengesampingkan hak-hak istimewa demi kelangsungan usaha. Kencana, diterbitkan atas kerja sama dengan Lembaga Kajian Pasar Modal dan Keuangan, Fakultas Hukum, Universitas Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung