Evaluasi dan Perancangan Ulang Instalasi Listrik Gedung Manajemen dan Ruang Kelas Di SMAN 6 Garut

Zulfikar Muhammad Fauzan, Dian Rusdiyanto

Abstract


Kebutuhan energi listrik SMA Negeri 6 Garut semakin bertambah seiring berjalannya waktu dalam upaya mendukung kegiatan operasional dan akademik. Untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan pengguna, instalasi listrik yang terpasang harus memenuhi syarat – syarat umum instalasi listrik yaitu keamanan, keandalan, dan ekonomis. Setelah penulis melakukan observasi, terdapat beberapa ruangan dan grup panel yang instalasi listriknya tidak sesuai dengan standar PUIL 2011 dan SNI. Selain itu juga pihak sekolah tidak memiliki dokumentasi gambar instalasi listrik yang mana ketika terjadi gangguan pada instalasi listrik menjadi sulit pada saat dilaksanakannya proses pemeriksaan, perawatan maupun perbaikan pada instalasi listrik. Oleh karena itu, salah satu bentuk kontribusi yang bisa dilakukan adalah melakukan evaluasi dan merancang ulang instalasi listrik, khususnya pada sistem penerangan dan daya yang sesuai dengan standar. Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah rancangan instalasi penerangan, instalasi daya dan dokumen gambar rancangan instalasi listrik beserta Bill of Quantity yang bisa menjadi rekomendasi instalasi listrik baru yang telah disesuaikan dengan perhitungan dan standar yang berlaku

Keywords


Rancang Ulang; Instalasi Listrik; Sistem Penerangan; Sistem Daya; Dokumen Gambar

Full Text:

PDF

References


Imam, F. (2021). Rancang Ulang Instalasi Listrik Pada Gedung SMP Negeri 1 Situraja. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Fajri, S. (2019). Perancangan Instalasi Listrik dan Analisa Pencahayaan Pada Gedung Parkir Politeknik Negeri Bandung. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Nurfitri, D. N. (2016). Studi Perancangan Instalasi Listrik Pada Gedung Bertingkat Onih Bogor. Bogor: Universitas Pakuan Bogor.

Rizki F, A. A. (2019). Desain dan Analisis Kualitas Pencahayaan Berbasis Perangkat Lunak DiaLUX Evo 8.1. Pekanbaru: Universitas Riau.

Romadhon, I. F. (2017). Evaluasi Kualitas Penerangan dan Penentuan Letak Lampu Serta Jenis Lampu Pada Ruangan Perkuliahan E2 Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Andrea, I. (2020). Analisa Sistem Kelayakan Instalasi Listrik dan Pembagian Daya Pada Stasiun Tebing Tinggi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Anggara, F. R. (2021). Perancangan Sistem Pencahayaan Buatan Pada Lapangan Sepak Bola Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Fazlurahman, M. F. (2019). Perancangan Ulang Instalasi Listrik Lantai Dua Gedung Direktorat Politeknik Negeri Bandung. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Harten, P. V., & Setiawan, I. E. (1983). Instalasi Listrik Arus Kuat 2. Bandung: Binacipta.

Jamilah, H. N. (2021). Perancangan Ulang Instalasi Listrik Penerangan Pada Bangunan Laboratorium Mesin SMK 2 Perkasa. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Mulyawan, P. I. (2021). Perancangan Instalasi Listrik Tenaga Pada Laboratorium Teknik Mesin SMK Perkasa 2 Sumedang. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Pakpahan, N. I. (2019). Merancang dan Menggambar Ulang Instalasi Listrik Di Laboratorium Kayu Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bandung. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Putra, M. F. (2020). Redesain Instalasi Listrik Modern Pada Gedung Pasar Comal Kabupaten Pemalang. Semarang: Universitas Semarang.

Septiani, E. N. (2020). Merancang dan Menggambar Ulang Instalasi Listrik Tenaga Pada Pabrik Velg PT. Inti Motor Cikarang. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Standar Nasional Indonesia. (2011). Konservasi Energi Sistem Pencahayaan. SNI 6197-2011.

Standar Nasional Indonesia. (2011). Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL) 2011. SNI 0225-2011.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkte.v6i2.5725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.