Edukasi Pengelolaan Keuangan Dalam Mempersiapkan Emergency Fund Serta Pemanfaatan Economic Digital di Masa Pandemi Covid-19

Robiur Rahmat Putra, Ajeng Wijayanti

Abstract


Kegiatan ini berdampak pada seluruh aspek tatanan kehidupan masyarakat. Adanya peraturan Pemerintah mengenai Physical Distancing pada masa pandemi COVID-19 yang menjadikan terbatasnya kegiatan masyarakat. Karena pandemic membuat masyarakat sadar pentingnya perencanaan keuangan dan adanya emergency fund. Objek edukasi terutama pada sosialisasi ini yaitu para pelajar yang merupakan anak milenial pada era saat ini. Mereka harus paham mengenai pentingnya memiliki emergency fund. Hasil dari diadakannya sosialisasi mengenai emergency fund  ini maka para pelajar memahami bagaimana strategi tata kelola keuangan yang efektif dan efisien di era pandemi covid-19. Para pelajar dapat memulai menyisihkan sebagian uang mereka untuk emergency fund dengan beberapa alternatif yang telah dijelaskan seperti tabungan atau deposito, investasi bentuk lain yang dapat dimanfaatkan untuk jangka panjang atau jangka pendek menyesuaikan kebutuhan mereka.


Keywords


Strategi tata kelola keuangan, Emergency fund, Pelajar

Full Text:

PDF

References


Lukiyana, Ajeng Wijayanti (2021). Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat: Sosialisasi dan Pelatihan Soft Skill Pengembangan Kewirausahaan Bagi Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kota Administrasi Jakarta Utara. Jurnal Berdikari Vol.4, No.1 Periode Januari – Juni 2021: 1-6. ISSN 2503-3719.

Matdio Siahaan (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI) e-ISSN: 2597-792X, ISSN: 1410-9794 Edisi Khusus No. 1 (Juli 2020), Halaman: 1 – 3 terakreditasi Peringkat 5 (SINTA 5) sesuai SK RISTEKDIKTI Nomor. 3/E/KPT/2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.