KASUS DESA WADAS PEMBANGUNAN BENDUNGAN BENER Perspektif SDG’s Desa

Koerniawan Hidajat

Abstract


Permasalahan SDG’s sudah menjadi program pemerintah yang diimplementasikan oleh semua lini program kegiatan di masyarakat, baik itu pendidikan, pemerintahan, perusahaan, sosial ekonomi, pertahanan, politik, sosial budaya bahkan penerapannya pada aplikasi langsung kegiatan praktis, hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 59 tahun 2017. Permasalahan dalam pembangunan Bendungan Bener di Desa Wadas terjadi kontroversi antara warga desa sebagai penghuni desa wadas dan pemerintah melalui kontraktor untuk membangun bendungan dengan luas 114 Ha tanah mengalami pembebasan sedangkan banyak sekali dampak lingkungan yang harus diperhatikan seperti pertanian, perkebunan dan konservasi hutan, pengelolaan aliran sungai, pengelolaan sedimen batuan penyangga hutan dan gunung di wilayah Purworejo. Rincian empat (4) permasalahan antara lain : pembangunan bendungan bener, penambangan (query) batu andesit, pembebasan lahan, konservasi lahan/(query). Metode pemecahan antara lain dilakukan edukasi dan sosialisasi antara lain dengan pendekatan SDG’s. Temuan dilapangan dari data sekunder yang diperoleh antara lain : masyarakat sudah membentuk tim dengan nama gerakan masyarakat peduli alam desa wadas (Gempa Dewa) bersama Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) membuat berbagai macam kegiatan, turunnya lembaga bantuan hukum (LBH) Yogyakarta, mendatangkan ahli konstruksi bendungan UGM menerangkan pengambilan batu di salah satu bukit dengan sifat andesit untuk material bangunan, terjadi konfrontasi masyarakat pemilik, pemakai dan berbagai kepentingan untuk pembangunan bendungan wadas. Penyelsaian konforntasi bendungan wadas ini bisa dilakukan antara lain edukasi dan sosialisasi pendekatan SDG’s Desa kepada masyarakat agar mereka mengerti dan memahami lebih tentang kepentingan pemerintah untuk pembangunan berkelanjutan.


Keywords


Pembangunan Bendungan Wadas, konservasi lahan (query), SDG’s Desa

Full Text:

PDF

References


Kemendesa. (2020). SDGs Desa Nomor 6: Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi. Kemendesa. https://sdgsdesa.kemendesa.go.id/sdgs-desa-nomor-6-desa-layak-air-bersih-dan-sanitasi/

Sasangka, Daru, Insani, Dian, indrawan, Ig. (2018). Karakterisasi Kondisi Geologi Teknik Terhadap Stabilitas Konstruksi Bendungan Bener Kabupaten Purworejo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.