PENGENALAN E-SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SMK (MUHAMMADIYAH 11 HARAPAN MULYA JAKARTA )

Kustiadi Basuki, Ari Soeti Yani

Abstract


Program pengabdian Kepada Masyrakat ini bertujuan untuk pelatihan Supply Chain Management di Era Industri 4.0 dan Era Pandemi Covid 19 bagi siswa SMK Muhammadiyah 11 Harapan Mulya Jakarta Pusat dalam menambah wawasan dan pengetahuan bagi siswa SMK Muhammadiyah 11 tersebut. Kegiatan ini bisa berjalan dengan baik. Seluruh peserta dari abdimas ini cukup antusias dalam menyambut kami sebagai pemateri.

            Keberhasilan dalam mengelola usaha sangat ditentukan dari keahlian pelaku usaha untuk membuka wawasan tentang E-Supply Chain Management itu sendiri. Supply Chain adalah sebuah jaringan pasok yang meliputi pemasok bahan, pabrik, peralatan, penyaluran, hingga fasilitas logistik. Pada setiap mata rantai inilah efisiensi itu dilakukan.

            Keterbatasan pengetahuan menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh pelaku bisnis dalam mengelola usahanya, agar bisnisnya dapat berjalan maka perlu adanya sosialisasi Supply Chain Management di Era Industri 4.0 dan Era Pandemi bagi siswa SMK Muhammadiyah 11, sehingga siswa kita lebih siap untuk terjun ke dunia bisnis.


Keywords


E-Supply Chain Management; economy digital; era industri 4.0

Full Text:

PDF

References


Dimiyati dan Dimyati, Tjutju Talliah & Ahmad, 2010, Operations Research Model Model Pengambilan Keputusan, Sinar baru Algensindo, Bandung.

Heizer dan Render,jay & Barry, 2015, Manajemen Operasi Manajmen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, Edisi 11, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Prasetya dan Lukiastuti, Hery & Fitri, 2009,Manajemen Operasi, Medpress ( Anggota IKAPI ), Yogyakarta

Sertifikasi Supply Chain Indonesia, Merujuk Undang – Undang Logistik dan Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2012 Tentang Cetak Biru Pengembangan Sistim Logistik Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.