MEMBANGUN KOMPETENSI GENERASI Z DALAM REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA GENERASI Z SMAN 25 GAMBIR JAKARTA PUSAT

Lukiyana Lukiyana, Netty Laura Simbolon

Abstract


Perguruan Tinggi mengemban tugas Tridharma , salah satunya adalah pengabdian masyarakat. Program Studi Manajemen – Fakultas Ekonomi dan Bisnis – Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta pada semester genap 2020/2021 melaksanakan pengabdian masyarakat bersama dengan HMPS Prodi Manajemen yang diselenggarakan di SMAN 25 Jakarta Pusat. Adapun sasarannya adalah siswa-siswi SMAN 25 Jakarta Pusat melalui Implementasi Digital Ekonomi Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada Generasi Z yang akan memberikan wawasan bagi siswa-siwi SMAN 25 Jakarta Pusat dalam manfaat digital ekonomi dalam dunia bisnis. Program ini sekaligus mendukung program Pemerintah dalam dunia pendidikan Sekolah Menengah Atas  untuk memberikan pengetahuan kami seputar implementasi digital ekonomi di era revolusi indutri 4.0 pada Generasi Z. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan bekerjasama dengan SMAN 25 Jakarta Barat Kompetensi adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standardisasi yang diharapkan (Badan Nasional Sertifikasi Profesi , 2014).

Definisi lainnya menyatakan bahwa kompetensi merupakan suatu hal yang berkaitan dengan kemampuan dan keterampilan individu untuk mencapai hasil yang diharapkan (International Organization for Standardization, 2012). Berdasarkan definisi ini, maka beberapa hal penting yang terkait dengan kompetensi diantaranya adalah pengetahuan, sikap, pemahaman, nilai, bakat atau kemampuan, dan minat.

Kompetensi dapat diartikan juga sebagai karakter individu yang dapat diukur dan ditentukan untuk menunjukkan perilaku dan performa kerja tertentu pada diri seseorang (Spencer, McClelland & Spencer, 1994). Jadi, kompetensi merupakan panduan bagi perusahaan untuk menunjukkan fungsi kerja yang tepat bagi seorang karyawan.

Kompetensi berkaitan dengan sikap (apa yang dikatakan dan dilakukan seseorang) yang menunjukkan performa seseorang baik atau buruk. Banyak sekali studi dan penelitian yang membahas tentang kompetensi di dunia kerja ini.


Keywords


Kompetensi; Generasi Z

Full Text:

PDF

References


Bowersox, J. Donald, 2015, Manajemen Logistik, PT. Bumi Aksara , Jakarta.

Fahmi, Irham,2016, Manajemen Keuangan, Alfabeta, Bandung

Heizer dan Reder, Jay dan Barry,2010, Manajemen Operasi, Salemba Empat, Jakarta

Warman, John,2009, manajemen Pergudangan, Sinar Harapan, Jakarta.

Wibowo,,2014, Manajemen Kinerja, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.