ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV MEDAN

Januri Januri

Sari


PT. Perkebunan Nusantara IV merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang agroindustri .PT. Perkebunan Nusantara IV Medan merupakan PKP yang wajib mencatat semua jumlah harga perolehan dan penyerahan BKP terutama untuk menerapkan akuntansi PPN. Adapun tujuan penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah PT. Perkebunan Nusantara IV Medan telah menerapkan akuntansi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sesuai dengan Undang – undang Nomor 42 Tahun 2009 mengenai Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Dalam penulisan ini, penulisan menggunakan metode deskriptif yaitu mengumpulkan data –data yang diperlukan yang berasal dari perusahaan dan kemudian menguraikan dan menjelaskan tentang Akuntansi Pajak Pertambahan Nilai pada PT. Perkebunan Nusantara IV Medan. Dalam penelitian ini adalah data Laporan Laba Rugi.  Penelitian ini adalah data – data PPN Tahun 2014 dan 2015 baik dalam pencatatan maupun penghitungan pada PT. Perkebunan Nusantara IV Medan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan adanya beberapa faktor yang dapat menyebabkan berbedanya jumlah Penjualan Lokal. Dan dari segi Penerapan Akuntansi Pajak Pertambahan Nilai pada PT. Perkebunan Nusantara IV Medan masih belum baik dikarenakan masih adanya perbedaan pencatatan PPN yang terhutang.

Kata Kunci : Akuntansi Pajak,pertambahan Nilai

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


B.Ilyas, Wiryawan, Rudy Suhartono. 2007. Pajak Pertambahan Nilai dan Penjualan Barang Mewah. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Mila Sari Kartika. Akuntansi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) pada PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia. Skripsi : Universitas Brawijaya.

Prabowo, Yusdianto. 2002 Akuntansi Perpajakan Terapan. Penerbit Grasindo, Jakarta.

Saimon Tarigan, Akuntansi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) pada PT. Daya Muda Agung . Skripsi : Universitas Brawijaya.

Santi Whaskita. Akuntansi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) pada PT. Indoprima Gemilang. Skripsi : Universitas Wijaya Putra.

Tjahjono, Achmad. 2011. Perpajakan Indonesia : Pendekatan Soal Jawab dan Kasus. Jakarta.

Soemarso, S.R. 2011. Perpajakan Pendekatan Kompehensif. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Undang-Undang Perpajakan Pertambahan Nilai No. 42 Tahun 2009

Untung Sukardji, 2011. Pajak Pertambahan Nilai. Edisi revisi. Penerbit PT. Raja Grafindo, Jakarta.

Untung Sukardji, 2011. Pajak Pertambahan Nilai. Penerbit PT Raja Grafindo persada, Jakarta.

Waluyo ,. 2012. Akuntansi Pajak . Edisi revisi. Penerbit Salemba empat, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.