PAJAK KARBON DIOKSIDA TRANSPORTASI DAN TARGET EMISI GAS RUMAH KACA INDONESIA

Tangguh Pratysto, Ingrid Panjaitan, Redaktur Wau

Sari


Indonesia memiliki target mengurangi emisi gas rumah kaca untuk target tanpa syarat sebesar 29% menjadi 2049 MtCO2e dan untuk target dengan syarat sebesar 41% menjadi 1689 MtCO2e dari baseline 2811 MtCO2e di tahun 2030. Sektor energi terutama transportasi adalah salah satu target emisi gas rumah kaca Indonesia, yang meliputi tiga emisi gas rumah kaca nasional yaitu karbon dioksida (CO2), metana (CH4), dan nitrogen oksida (N2O). Jumlah CO2 meningkat secara linear dengan jumlah pembakaran bahan bakar mobil. Peneliti menganalisis estimasi biaya sosial CO2 per liter bahan bakar di Eropa untuk melakukan estimasi biaya sosial CO2 per liter bahan bakar di Indonesia. Pajak karbon membuat harga bahan minyak bensin meningkat 1,227 Rupiah dan disel meningkat 1,225 Rupiah, hal ini diperlukan untuk mencapai target pengurangan emisi gas rumah kaca untuk target tanpa syarat sebesar 29% menjadi 2049 MtCO2e dan untuk target dengan syarat sebesar 41% menjadi 1689 MtCO2e dari baseline 2811 MtCO2e di Indonesia tahun 2030. Pajak karbon bisa membantu pemerintah Indonesia untuk mencapai target penurunan gas rumah kaca di tahun 2030.

Kata Kunci: Pajak Karbon, Gas Rumah Kaca, Karbon Dioksida, Harga Bahan Bakar, Emisi

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arceo-Gomez, E. O., Hanna, R., & Oliva, P. (2012). Does the Effet of Pollution on Infant Mortality Differ Between Developing and Developed Countries? Evidence from Mexico City. Working Paper no. 18349, National BUreau of Economic Research, Cambridge, MA.

Badan Pusat Statistik. (2017). Home: Badan Pusat Statistik. Retrieved from Badan Pusat Statistik Web site: https://www.bps.go.id/

Brauer, M., Hoek, G., Van Vliet, P., Meliefste, K., Fischer, P. H., Wijga, A., . . . Brunekreef, B. (2002). Air Pollution from Traffic and the Development of Respiratory Infections and Asthmatic and Allergic Symptoms in Children. American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine, 166, 1092-1098.

Chen, Y., Ebenstein, A., Greenstone, M., & Li, H. (2013). Evidence on the Impact of Sustained Exposure to Air Pllution on Life Expectancy from China's Huai River Policy. Proceedings of the National Academy of Sciences, (pp. 110, 12936-12941).

Damassa, T., Fransen, T., Haya, B., Ge, M., Pjeczka, K., & Ross, K. (2016). Menginterpretasikan INDC: Menilai Transparansi Target Emisi Gas Rumah Kaca Pasca-2020 dari 8 Negara Penyumbang Emisi Terbesar. World Resources Institute.

David, P., & Montag, J. (2014). Taxing Car-produced Carbon Dioxide Emissions: Matching the Cure to the Disease. Procedia Economics and Finance, 12: 111-120.

Hoek, G., Brunekreef, B., Goldbohm, S., Fischer, P., & van den Brandt, P. A. (2002). Association between Mortality and Indicators of Traffic-related Air Pollution in the Netherlands: a Cohort Study. The Lancet, 360, 1203-1209.

National Research Council. (2002). Effectiveness and Impact of Corporate Average Fuel Economy (CAFE) Standards. Washington, D.C.: National Academy Press.

Nordhaus, W. D. (2007). A Review of the 'Stern Review on the Economics of Climate Change'. Journal of Economic Literature, 45, 686-702.

Nordhaus, W. D. (2007). T Tax or Not to Tax: Alternative Approaches to Slowing Global Warming. Review of Environmental Economics and Policy, 1, 26-44.

Parry, I. W., Walls, M., & Harrington, W. (2007). Automobile Externalities and Policies. Journal of Economic Literature, 45, 373-399.

Stern, N. (2007). The Economics of Climate Change: The Stern Review. Cambridge University Press.

Tol, R. S. (2005). The Marginal Damage Costs of Carbon Dioxide Emissions: An Assessment of the Uncertainties. Energy Policy, 33, 2064-2074.

U.S. Environmental Protection Agency. (2009). Emission Facts: Average Carbon Dioxide Emissions Resulting from Gasoline and Diesel Fuel. Washington, D.C.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.