PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP JUMLAH PAJAK YANG DISETOR DENGAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Riris Rotua Sitorus, Yeny Kopong

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh e-commerce terhadap jumlah pajak yang disetor dengan kepatuhan wajib pajak sebagai variabel intervening. Analisis menggunakan Structural Equation Modeling dengan pendekatan Partial Least Square. Sampel penelitian ini adalah 109 pelaku e-commerce yang merupakan anggota IDEA (Asosiasi E-Commerce Indonesia). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan metode resampling bootstrap, dengan bantuan Software Smart Partial Least Square. Validitas data diuji dengan outer loadings dan goodness of fit diuji dengan composite reliability . Uji hipotesis dilihat dari t statistic yang dihasilkan inner weight. Hasil penelitian membuktikan bahwa e-commerce dan kepatuhan wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap jumlah pajak yang disetor. E-commerce berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. E-commerce berpengaruh signifikan terhadap jumlah pajak yang disetor melalui perantara kepatuhan wajib pajak.

 

Kata kunci :E-commerce, Jumlah Pajak Yang Disetor, Kesadaran Wajib Pajak

Full Text:

PDF

References


Asri, M., Wuri, 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Biaya Kepatuhan Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak Pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Badan Yang Terdaftar Di KPP Madya Denpasar. Jurnal, Universitas Udayana, Denpasar.

Ghozali, Imam, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang. Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam, 2011. Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square. Semarang. Universitas Diponegoro.

Hidayat, T., 2009. Panduan Membuat Toko Online Dengan OSCommerce. Jakarta. Mediakita.

http://www.pajak.go.id/Kamis, 23 April 2015 - 15:03

http://www.bppk.kemenkeu.go.id/29 April 2015 08:19

Irmawati, D., 2013. Pemanfaatan E–Commerce Dalam Dunia Bisnis. Jurnal, Politeknik Negeri Surabaya, Surabaya.

Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 16 tahun 2009.

Lingga, Ita Salsalina, 2013. Pengaruh Penerapan e-SPT Terhadap Kepatuhan Pajak: Studi Empiris Terhadap Pengusaha Kena Pajak di Wilayah KPP Pratama “X” Jawa Barat I. Universitas Maranatha. Bandung.

Mardiasmo. 2009, Perpajakan. Jakarta. Andi.

Muliari, 2011, Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak Pada Kewajiban Membayar Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Denpasar. Jurnal Akuntansi dan Bisnis : Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Munawar, Kholil, 2009. E–Commerce. Jakarta. Mediakita.

Peraturan Direktur Jenderal Pajak No PER-32/PJ/2010 Tentang Pelaksanaan Pengenaan Pajak Penghasilan Pasal 25 Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Pengusaha Tertentu.

Purnomo, A., 2012. Pengaruh Kesadaran dan Persepsi Tentang Sanksi Pajak dan Hasrat Membayar Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal, Universitas Trunojoyo, Madura.

Rahayu, S.K., 2010. Perpajakan Indonesia : Konsep & Aspek Formal. Bandung: Graha Ilmu.

Rahman, A., 2010. Panduan Pelaksanaan Administrasi Perpajakan Untuk Karyawan, Pelaku Bisnis, dan Perusahaan. Bandung : Nuansa Cendekia

Rantum, Vannesa, Adi, 2009, Dampak Program Sunset Policy Terhadap Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak. Jurnal, Universitas Trunojoyo, Madura.

Restu, 2014, Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Formal Wajib Pajak ( Studi Pada KPP Makasar Selatan). Skripsi, Universitas Hasanudin, Makasar.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alphabeta.

Surat Edaran Direktorat Jenderal Pajak Nomor SE-62/PJ/2013 tentang Penegasan Ketentuan Perpajakan atas Transaksi E- commerce Internasional

Suryanti, T., 2013. Pengaruh Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan Terhadap Peningkatan Penerimaan Pajak Penghasilan Dengan Penagihan Pajak Sebagai Variabel Moderating. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Suyanto M. 2003. Strategi Periklanan Pada E–Commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta. Andi.

Thia Dwi Utami, 2009, Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Palembang. Jurnal, STIE MDP, Palembang.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Wahyuni, N., 2013, Pengaruh Kesadaran, Penerapan Self Assessment System dan Pemeriksaan Terhadap Kewajiban Membayar Pajak Orang Pribadi. Skripsi, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Wahyuni, N.I., 2011, Dampak E-Commerce dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Bandung. Jurnal, Unikom, Bandung.

Wirdasari, D., 2009. Teknologi E–Commerce Dalam Proses Bisnis. Jurnal, SAINTIKOM, Jakarta.

Wong, Jhony. 2010. Internet Marketing For Beginners. Jakarta. Elex Media Computindo.




DOI: https://doi.org/10.52447/map.v2i2.1097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyrights of

Program Studi Akuntansi

Fakultas Ekonomi Bisnis & Ilmu Sosial

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

ISSN (P) : 2355 - 9993

ISSN (E) : 2527 - 953X