Tax Minimization Sebagai Pemoderasi Pada Indikasi Praktik Transfer Pricing Yang Dipengaruhi Oleh Bonus Mechanism Dan Debt Convenant

Sri Ayem, Ria Ningsih

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis hubungan antara mekanisme bonus dan debt convant terhadap keputusan transfer pricing dengan minimasi pajak sebagai variabel moderasi. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dalam laporan keuangan tahunan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang. Metode pengujian dalam penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif, uji regresi logistik, dan uji Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara parsial mekanisme bonus dan variabel debt converant berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan transfer pricing. Namun, minimalisasi pajak tidak mampu memoderasi pengaruh mekanisme bonus dan variabel debt converant terhadap keputusan transfer pricing.

Kata kunci: Mekanisme Bonus, Debt Convenant, Minimisasi Pajak, Transfer Pricing


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agustina, N. A. (2019). Pengaruh Pajak , Multinasionalitas , Ukuran Perusahaan , Profitabilitas , dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing. (April), 53–66.

Amanah, K., & Suyono, N. A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive dan Debt Convenant Terhadap Transfer Pricing Dengan Tax Minimization Sebagai Variabel Moderasi ( Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang memiliki Hubungan Istimewa yang terdaftar di BEI P. 2(1), 1–13.

Ayshinta, P. J., Agustin, H., & Afriyenti, M. (2019). Pengaruh Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus Dan Exchange Rate Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing. Jea, 1(1), 572–588.

Dea Cheisa Rosita. (2020). Tax Minimization, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Kepemilikan Asing dan Ukuran Perusahaan Terhadap Keputusan Transfer Pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2017).

Fadhilah, M. A. (2018). Pengaruh Pajak dan Intangible Assets Terhadap Motivasi Perusahaan Melakukan Transfer Pricing ( Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2016 ) FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA.

Falbo, T. D., & Firmansyah, A. (2018). Thin Capitalization, Transfer Pricing Aggresiveness, Penghindaran Pajak. Indonesian Journal of Accounting and Governance, 2(1), 1–28. https://doi.org/10.36766/ijag.v2i1.6

Fitri, D., Hidayat, N., & Arsono, T. (2019). The Effect Of Tax Management, Bonus Mechanism And Foreign Ownership On Transfer Pricing Decision. 1(1), 35–48.

Fitriani, A. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive,Debt Convenant Dan Intangible Assets Terhadap Keputusan Transfer Pricing.

Herawaty, V., & Anne. (2019). Pengaruh Tarif Pajak Penghasilan, Mekanisme Bonus, Dan Tunneling Incentives Terhadap Pergeseran Laba Dalam Melakukan Transfer Pricing Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 4(2), 141. https://doi.org/10.25105/jat.v4i2.4836

Hermawan, R. (2018). Pengaruh Pajak,Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing. 2, 227–249.

Indrasti, A. W. (2016). Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing, Bonus Plan dan Debt Convenant Terhadap Keputusan Perusahaan Untik Melakukan Transfer Pricing ( Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2015. 9(June), 348–371.

Jafri, H. E., & Mustikasari, E. (2018). Pengaruh Perencaan Pajak , Tunneling Incentive dan Aset Tidak Berwujud Terhadap Perilaku Transfer pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Memiliki Hubungan Istimewa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016. 03(02), 63–77.

Khasanah, U. (2020). Peran Prudence Dalam Memoderasi Pengaruh Bonus Mechanism, Intangible Asset dan Inventory Intensity Ratio Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Property Dan Manufaktur. Jurnal Akuntansi.

Mayantya, S. (2018). Pengaruh Tax Minimization , Mekanisme Bonus , Kepemilikan Asing , Exchange Rate ,dan Kualitas Audit Terhadap Keputusan Transfer Pricing ( Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016 ).

Melani, T. (2016). Pengaruh Tax Minimization, Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive dan Ukuran Perusahaan Terhadap Keputusan Melakukan Transfer Pricing. Skripsi.

Mulyani, N. R. & S. D. (2020). Pengaruh Mekanisme Bonus dan Tunnelling Incentive Terhadap Praktik Transfer Pricing Dimoderasi Oleh Tax Advoidance (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar DI BEI Tahun 2014-2018). 1–7.

Nazihah, A., Azwardi, & Fuadah, L. L. (2019). The Effect Of Tax, Tunneling Incentive,Bonus Mechanism And Firm Size On Transfer Pricing (Indonesian Evidence). Journal Of Accounting, Financial And Auditing Studies. https://doi.org/10.32602/jafas.2019.0

Ni’maturosyiddah, A. (2018). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Debt Covenant dan Exchange Rate Terhadap Keputusan Perusahaan Untuk Melakukan Transfer Pricing.

Nisa, Z. (2018). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus dan Leverage Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada perusahaan Manufaktur Di BEI Tahun 2012-2016.

Novira, A. R., Suzan, L., & Asalam, A. G. (2020). Pengaruh Pajak, Intangible Assets, dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). Journal of Applied Accounting and Taxation, 5(1), 17–23.

Ratna Felix Nuradila, R. A. W. (2018). Tax Minimization Sebagai Pemoderasi Hubungan Antara Tunnelling Incentive, Bonus Mechanism dan Debt Convenant dengan Keputusan Transfer Pricing (Studi Kasus Pada Perusahaan Multinasional Yang Listing Di BEI Periode 2012-2014. 1(1).

Ria Rosa, Rita Andini, K. R. (2017). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Debt Convenant Dan Good Corporate Governance Terhadap Transaksi Transfer Pricing (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2015. (4).

Suriana AR Mahdi, Resmiyati Ansar, R. R. H. K. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Agresivitas Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016). Humano: Jurnal Penelitian, 9(2), 338. https://doi.org/10.33387/hjp.v9i2.928

Surjana, M. T. (2020). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Kepemilikan Asing, dan Ukuran Perusahaan terhadap Transfer Pricing. EKOBISTEK Fakultas Ekonomi, 12, 1–12.

Susanti, A., & Firmansyah, A. (2018). Determinants Of Transfer Pricing Decision In Indonesia Manufacturing Companies. 22(7).

Wijaya, F. V., & Widianingsih, L. P. (2020). The Impact of Tax , Exchange Rate , Tunneling Incentive and Firm Size on Transfer Pricing ( Empirical Study of Manufacturing Companies Listed on the Indonesian Stock Exchange for Years 2014-2018 ). 1(2), 42–56.

Yulianti, S., & Rachmawati, S. (2019). Tax Minimization Sebagai Pemoderasi Pada Pengaruh Tunnelling Incentive Dan Debt Convenant Terhadap Ketetapan Transfer Pricing. Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia, 2(2), 165. https://doi.org/10.32493/jabi.v2i2.y2019.p165-179

Yuniarti, A. J. & N. (2020). Pengaruh pajak, tunneling incentive, debt covenant dan profitabilitas terhadap keputusan melakukan transfer pricing. 1(1), 31–44.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.