Pengaruh Keadilan Pajak Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib pajak Dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Moderating

Fadilah Fadilah, Ingrid Panjaitan

Sari


Penelitian ini adalah tentang Pengaruh Keadilan pajak dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Moderating. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Kepatuhan Wajib Pajak. Variabel moderating dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan. Dan Variabel independen terdiri dari Keadilan Pajak dan Sanksi Perpajakan. Penelitian ini dilaksanakan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Gambir Satu di Wilayah Jakarta Pusat. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dan tujuan yang dikehendaki atau berdasarkan kriteria. Kuisioner yang disebar sebanyak 100 kuisioner dan dapat dijadikan sebagai data. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan. Tahap pertama adalah untuk mengenali teori dari pustaka atau dengan statistik deskriptif dan pengumpulan data dari objek yang di riset. Tahap kedua adalah uji kelayakan data dengan menggunakan uji validitas data dan uji reliabilitas. Tahap ketiga adalah tahap pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F untuk menguji hipotesis baik secara parsial maupun simultan. Selanjutnya dihitung koefisien determinasi yang disesuaikan serta pembentukan persamaan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan : Keadilan Pajak berpengaruh secara signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Sanksi Perpajakan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Keadilan Wajib Pajak dan Sanksi Perpajakan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Moderasi Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan dan bersifat memperlemah pengaruh Keadilan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Moderasi Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan dan bersifat memperlemah pengaruh Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.

 

Kata Kunci: Keadilan Pajak, Sanksi Perpajakan, Kualitas Pelayanan dan Kepatuhan Wajib Pajak.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Agus Nugroho Jatmiko, 2006.Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda,

Pelayanan Fiskus, dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak

Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang.Unisversitas

Diponegoro: Tesis Megister Akuntansi.

Albana.2010.Atribution Theory (Harold Kelley, 1972-1973)

From:http://albana19.blogspot.com/2010/01/atribution-theory-harold-kelley1972.html.

(Diakses 27 Januari 2014).

Andriana, Ateng. (2011). Analisis Atas Penerapan Self Assessment System dan Kualitas

Pelayanan Pajak terhadap Peningkatan Kepatuhan Formal Wajib Pajak pada KPP

Pratama Kota Bandung.

Anisa Nirmala Santi. 2012. Analisis Pengaruh Kesadaran Perpajakan, Sikap Rasional,

Lingkungan, Sanksi Denda dan Sikap Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak ( Studi

Empiris Pada WPOP di Wilayah KPP Pratama Semarang). Skripsi. Semarang.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Basri, Y. M., Surya, R. S., Fitriasari, R., Novriyan, R., & Tania, T. S., 2012. Studi

Ketidakpatuhan Pajak : Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Ilmiah Simposium

Nasional Akuntansi XV

Berutu, D. A., Harto, P., 2012. Persepsi Keadilan Pajak terhadap Perilaku Kepatuhan Wajib

Pajak Orang Pribadi. Diponegoro Journal of Accounting, Vol.2 No.2, pp.1-10.

Boediono B. 2003. Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Feld, Lars P., & Bruno S. Frey (2007). Tax Com-pliance as the Result of a Psychological Tax

Gatot, S.M Faisal, 2009. How To Be A Smarter Taxpayer, Jakarta: Grasindo.

James O.Alabede, Zaimah Bt.Zainol Affrin and Kamil Md Idris. 2011. Tax Service

Quality and Compliance Behaviour in Nigeria. European Journal of Economics,

Finance and Administrative Sciences.1450-2275 Issue 35Jour-nal of Public

Economics, 1 324.

Karsimiati. (2009). Pengaruh Pelayanan Fiskus, Sanksi Denda dan Kesadaran Perpajakan

Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar PBB di Kecamatan Gabus-Pati.

Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia: 235/KMK.03/2003. Tanggal 3 Juni 2003

Tentang Kriteria Wajib pajak patuh

Mardiasmo. 2006. Perpajakan. Yogyakarta: Cv Andi

Mardiasmo. 2009. Perpajakan Edisi Revisi 2009. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan. Yogyakarta: C.Andi Offset

Muliari, Ni Ketut dan Putu Ery Setiawan. (2011). Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi

Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak

Orang Pribadi di KPP Denpasar Timur.

Oliver, R.L. 1980. A Cognitive Model of The Antecedents and Consequences of

Satisfaction Decisions. Journal of Marketing Research, 17 Pribadi Dalam

Membayar Pajak Penghasilan (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang

Pribadi pada KPP Pratama Malang Utara). Skripsi. Malang : Fakultas Ekonomi dan

Bisnis Universitas Brawijaya Pribadi Dalam Membayar Pajak Penghasilan (Studi

Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi pada KPP Pratama Malang Utara).

Pris, K. Andarini.2010.Dampak dimensi keadilan pajak Terhadap tingkat kepatuhan wajib

Pajak badan. Sampel dalam penelitian ini adalah WP Badan. Skripsi, Fakultas

Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Richardson, Grant. 2006. “The Impact of Tax Fairness Dimensions on Tax Compliance

Behavior in an Asian Jurisdiction: The Case of Hong Kong”, International Tax

Journal

Robbins, Stephen P, Timothy A. Judge 2008. Perilaku Organisasi, PT. Salemba Satu,Jakarta:

Satu,Jakarta: 2006 Salemba Empat, Jakarta

Setiawan, Renaldi Putra. 2009. Pengaruh Program Pelayanan Perpajakan terhadap

Kepatuhan Wajib Pajak Penghasilan (PPh): Studi Kasus pada Kantor Pelayanan

Pajak Pratama Pasar Rebo Jakarta.Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional

Veteran Simposium Nasional Akuntansi XV.

Sony Devano, dan Siti Kurni Rahayu, 2006, Perpajakan: Konsep,Teori,dan Isu.

Sumber: liputan6.com, jum’at 28/11/2014, at 09:01 WIB).

Supadmi, Ni Luh. 2009. Meningkatkan kepatuhan wajib pajak melalui kualitas pelayanan.

Tambunan, Sumihar Petrus.2003.Mengapa Kita Membayar Pajak, BeritaPajak, No.

/Tahun XXXV, p. 33 –35.Umum Dan Tata Cara Perpajakan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.