PENGARUH PENERAPAN SISTEM E-FILING DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN SOSIALISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Survei pada Perkantoran Sunrise Garden di Wilayah Kedoya, Jakarta Barat)

Kartika Ratna Handayani, Sihar Tambun

Sari


Penelitian ini adalah tentang Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Sosialisasi Perpajakan Sebagai Variabel Moderating. Variabel dependent dalam penelitian ini adalah Kepatuhan Wajib Pajak. Variabel Independent dalam penelitian ini adalah Penerapan Sistem E-Filing dan Pengetahuan Perpajakan. Variabel Moderasi dalam penelitian adalah Sosialisasi Perpajakan.

Penelitian ini dilakukan pada Perkantoran Sunrise Garden (PT. Fonusa Agung Mulia) yang berada di wilayah Kedoya, Jakarta Barat. Jumlah responden yang terdaftar di Perkantoran Sunrise Garden seperti Pemilik Usaha dan Karyawan sebanyak 152 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode sensus.

Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan sistem e-filing tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, pengetahuan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, penerapan sistem e-filing dan pengetahuan perpajakan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Untuk interaksi moderasi sosialisasi perpajakan menyimpulkan bahwa hasilnya pure moderating dan memperlemah penerapan sistem e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak serta untuk interaksi moderasi sosialisasi perpajakan menyimpulkan bahwa bukan variabel moderating dan memperlemah pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak.

 

Kata kunci : Penerapan Sistem e-filing, Pengetahuan Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak dan Sosialisasi Perpajakan

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdul Jabbar Hijattulah dan Jeff Pope, 2008, Exploring The Relationship Between Tax Compliance Costs and Compliance Issues in Malaysia, Journal of Applied Law and Policy.

Amir Hidayat, 2005, Evaluasi Kinerja Sistem Perpajakan Indonesia, Jurnal, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonusa Esa Unggul, Jakarta.

Azwar S, 1997, Sikap manusia : teori dan pengukurannya, Edisi 2, Yogyakarta, Penerbit : Pustaka Pelajar.

http://www.cnnindonesia.com/Minggu, 19 April 2015 – 15:38 wib.

http://www.republika.co.id/Kamis, 6 Agustus 2015 – 12.57 wib.

Hutami Rienda Putrie, 2013, Pengaruh Sosialisasi Perpajakan dan Pelaksanaan Self Assessment System terhadap Tingkat Kesadaran dan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus : KPP PRATAMA Kebayoran Baru Tiga), Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercubuana, Jakarta.

Juwita Tri, 2007, Analisis Pengaruh Sebelum dan Sesudah Adanya Program E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Penyampaian SPT Masa PPN, Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Kirani Gita Gowinda, 2010, Analisis Perilaku Penerimaan Wajib Pajak terhadap Penggunaan e-filing (Kajian Empiris di wilayah Kota Semarang), Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Kusrini, 2006, Sistem Pakar Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Amikom.

Lai et al, 2005, Intrinsic and extrinsic motivation in internet usage, Omega, International Journal of Management Science, Vol. 27.

Larasati Anissa Yuniar, 2013, Pengaruh Penerapan Strategi Pelayanan terhadap Pengetahuan pajak dan Implementasinya pada Kepatuhan wajib pajak (Studi Kasus papa KPP Pratama Bandung-Cibeunying), Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Widyatama, Bandung.

Lisnawati, 2012, Pengaruh Pengetahuan Pajak dan Modernisasi Sistem Administrasi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, Skripsi, Unikom, Bandung (Skripsi tidak dipublikasikan).

Nugroho, 2012, Faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan untuk membayar pajak dengan variabel intervening, Jurnal, Universitas Diponegoro, Semarang.

Nurmantu Safri, 2005, Pengantar Perpajakan Edisi Tiga, Jakarta : Jakarta Granit.

Pandiangan Liberty, 2007, Reformasi Perpajakan, Jakarta: PT Salemba Empat.

Parwito Andri, 2009, Analisis Atas Pengaruh Pemanfaatan e-Filing Terhadap Cost of Compliance, Skripsi, Tesis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Departemen Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia, Depok.

Prasetyo Adinur, 2008, “Pengaruh Uniformity dan Kesamaan Persepsi, Serta Ukuran Perusahaan Terhadap Kepatuhan Pajak (Minimalisasi Biaya Kepatuhan Pajak Pada Perusahaan Masuk Bursa”), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Departemen Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia, Depok.

R.A Baron dan Byrne, 1991, Sosial Psychology : Understanding HumanInteraction, 6 th, USA :Allyn & Bacon.

Rahayu Sri dan Lingga Salsalina Ita, 2009, Pengaruh Modernisasi Sistem. Administrasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, Jurnal Akuntansi Vol. 1 No. 2 Bandung Maranatha University Press.

Rahman Abdul, 2010, Panduan Pelaksanaan Administrasi Perpajakan Untuk Karyawan, Pelaku Bisnis dan Perusahaan, Jakarta, Penerbit: Nuansa Cendekia.

Rohmawati Lusia, Prasetyono dan Rimawati Yuni, 2013, “Pengaruh Sosialisasi dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Tingkat kesadaran dan Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas Pada KPP Pratama Gresik Utara”), Fakultas Ekonomi : Program Akuntansi, Jurnal, Universitas Trunojoyo Madura, Madura.

Setianto Eka, 2010, “Pengaruh Sosialisasi Perpajakan dan pelaksanaan Self Assessment Terhadap Tingkat Kesadaran dan Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak di Cilandak, Skripsi, Universitas Pembangunan Nasional (Veteran)”, Jakarta.

Siregar et al, 2012, Pengaruh Pelayanan Fiskus dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Semarang Tengah, Universitas Diponegoro, Semarang.

Sugiyono, 2007, Statistika Untuk Penelitian, Bandung, Penerbit: CV. Alfabeta.

Supranto J, 2008, STATISTIK (Teori dan Aplikasi), Jakarta, Penerbit : Erlangga.

Surat Edaran Dirjen Pajak No. SE-98/PJ./2011 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Kerja dan Laporan Kegiatan Penyuluhan Perpajakan Unit Vertikal di Lingkungan Direktorat Jenderal Pajak.

Witono Banu, 2008, Peran Pengetahuan Pajak pada Kepatuhan Wajib Pajak, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Volume 7, Nomor 2, September 2008.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.