PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK DAN PENERAPAN E-SYSTEM TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN PREFERENSI RESIKO SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Kepada Wajib Pajak Di Komplek Perumahan Sunter Agung Jakarta Utara)

Sihar Tambun, Eko Witriyanto

Sari


Penelitian ini adalah tentang Pengaruh kesadaran wajib pajak dan penerapan e-system terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak dengan preferensi resiko sebagai variabel moderating.

Jumlah populasi responden yang diteliti adalah 66 sampel dari 78 populasi.Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode probability sampling dengan menggunkan teknik simple random sampling yaitu suatu cara pengambilan sampel dari semua populasi yang dilakukan secara acak dengan cara diundi, semua individu mendapatkan kesempatan yang sama, karena populasi dianggap homogen.

Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kesadaran wajib pajak, penerapan e-system dan preferensi resiko terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak serta moderasi preferensi resiko atas pengembangan karir dan penerapan e-system  terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak melalui beberapa tahapan, diambil dari pustaka atau dengan statistik deskriptif dan pengumpulan data dari objek yang diriset. Tahap yang kedua adalah untuk uji kelayakan data dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Dan untuk tahap terakhir adalah tahap dengan pengujian hipotesis dengan menggunakan partial least square version 3.0

Berdasarkan hasil uji statistik : kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak, penerapan e-system berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak, preferensi resiko tidak berpengaruh signifikan atas kesadaran wajib pajak dan penerapan e-system terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak.

Kata kunci : kesadaran wajib pajak penerapan e-system tingkat kepatuhan wajib pajak preferensi resiko.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Akbar N T, 2013.Analisis Penggunaan Sistem Elektronik Pajak Terhadap Peningkatan Jumlah Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kpp Pratama.

Alabede, J. O., Affrin, Z. Z., Idris, K, M. (2011), Tax Service Quality And Tax Compliance In Nigeria.

Aryobimo, 2012,”Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Tentang Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kondisi Keuangan Wajib Pajak dan Preferensi Risiko Sebagai Variabel Moderating” (Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kota Semarang), Skripsi Strata-1, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Hastuty E N, Jenie S I 2006 Implementasi Elektronik Filing Sistem (E-Filing) Of Electronic Filing System In Taxation In Indonesia Dalam Praktek Perpajakan di Indonesia = The Implementation.

Kiryanto,2000 Analisis Pengaruh Penerapan Struktur Pengendalian Intern Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Dalam Memenuhi Kewajiban Pajak Pengahasilannya,Ekobis,Vol 1,Hlm.41-52.

Muliari & Setiawan, (2011).” sanksi Wajib Pajak dan kesadaran Wajib Pajak terhadap kepatuhan wajib pajak Pratama, Margareth R,2012, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesadaran Wajib Pajak Orang Pribadi Terhadap Kepatuhan Kewajiban Perpajakan di Kota Tangerang Selatan, Universitas Bina Nusantara, Jakarta.

Pujiani M ,Effendi R,2013,Analisis Efektivitas Penggunaan E-System Terhadap Penerimaan Pajak di KPP Pratama Palembang Ilir Timur

Rysaka N, Saleh C, Rengu SP,2014 Penerapan E-system terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak.

Said M, 2003,. Fenomena Pajak.Berita Pajak, No. 1488/Tahun Xxxv.

Santi,2012,”Analisis pengaruh kesadaran perpajakan,sikap rasional,lingkungan,sanksi denda,sikap fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP pratama semarang.

Soemarno,(2013), M.S Resiko Manajemen: 19 Keys:Happy Healthy Wealthy Penerbit Erlangga.

Supadmi,(2003)”moderasi preferensi resiko atas kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak.

Suyatmin,(2004),”pengaruh kesadaran wajib pajak terhadap tingkat kepatuhan wajib pajakPratama, Margareth R,2012, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesadaran Wajib Pajak Orang Pribadi Terhadap Kepatuhan Kewajiban Perpajakan di Kota Tangerang Selatan, Universitas Bina Nusantara, Jakarta.

Torgler, B. 2003. To Evade Taxes Or Not To Evade: That Is The Question. Journal Of Socio Economics, 32(3), 283-302.

Vaughan,(2011)” Risk is the chance of loss exposure”

Sumber :www.fiskal.depkeu.go.id.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.