PENGARUH REFORMASI PERPAJAKAN DAN SOSIALISASI PERPAJAKAN TERHADAP PENERIMAAN PAJAK DENGAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA KPP PRATAMA SUNTER JAKARTA UTARA

Yeny Kopong, SE.,M. Acc.,Ak, CA, Indah Widyaningrum

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Reformasi Perpajakan dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Penerimaan Pajak Dengan Kepatuhan Wajib Pajak sebagai variabel moderating.

Penelitian ini dilaksanakan pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) PRATAMA Sunter Jakarta Utara. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yang berarti pemilihan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Responden dalam Penelitian ini sebanyak 91 responden dari 39.640  wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP PRATAMA Sunter.

Hasil penelitian ini menunjukkan: Reformasi Perpajakan berpengaruh secara negatif signifikan terhadap Penerimaan Pajak. Sosialisasi Pepajakan berpengaruh secara signifikan terhadap Penerimaan Pajak. Moderasi Kepatuhan Wajib Pajak berpengaruh tidak signifikan atas Reformasi Perpajakan terhadap Penerimaan Pajak. Moderasi Kepatuhan Wajib Pajak memperlemah Sosialisasi Perpajakan terhadap Penerimaan Pajak.

 

Kata Kunci: Reformasi Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Penerimaan Pajak dan Kepatuhan Wajib Pajak

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ahira Anne, 2012. Makna dan Pengertian Analisis. [Online], Tersedia : http://wwwanneahira.com//pengertian—analisis.html//.

Ambiyu Anggito 2013. Reformasi Perpajakan Perlu Dukungan Masyarakat. Badan Analisa Fisikal Departemen Keuangan.

Asmuri Asmy 2006. “Pengaruh Reformasi Perpajakan terhadap Penerimaan pajak Daerah Provinsi DKI Jakarta”. Universitas Islam Negeri.

Dharma Gede Pani Esa dan Ketut Alit Suardana 2014. “Pengaruh kesadaran wajib pajak, sosialisasi perpajakan, kualitas pelayanan pada kepatuhan wajib pajak”. Universitas Mercu Buana.

Dearmando, 2012. Sumber-Sumber Penerimaan Pajak. [Online]. Tersedia; http://Dearmando.word-Press.com.sumber-sumber.penerimaan.pajak.html.

Gunandi, 2007. Akuntansi Pajak. Edisi ketiga, Cetakan Pertama. PT. Gramedia Wydia Sarana Indonesia, Jakarta.

Herryanto Marisa dan Agus Arianto Toly 2011.“Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kegiatan Sosialisasi Perpajakan, dan Pemeriksaan Pajak terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Sawahan” volume1, Nomor1.. Universitas Kristen Petra.

Liberti Pandingan, 2008. Modernisasi dan Reformasi Pelayanan Perpajakan Berdasarkan Undang-Undang Terbaru, PT. Elex Media Komput indo, Jakarta.

Perarturan Mentri Keuangan. Nomor 122/PMK.010/2015.// tentang Penyesuaian Besarnya Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Nomor 60/KL1/2015. 8 Juli 2015.

Rahayu Siti Kurnia, 2010. PERPAJAKAN INDONESIA: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahmawati, Prasetyo, Rimawati, Y, 2013. Pengaruh Sosialisasi & Pengetahuan Perpajakan Terhadap Tingkat Kesadaran dan Kepatuhan Wajib Pajak;Madura. Jurnal Prosiding Simposium Nasional Perpajakan 4.

Santoso Wahyu, 2008. Analisis Risiko Ketidak Patuhan Wajib Pajak Sebagai Dasar Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak: Penelitian Terhadap Wajib Pajak Badan Di Indonesia Tahun 2015, Nomor 1. Surat Edaran Direktorat Jendral Pajak. Nomor DJP.SE-98/PJ/2011. Tentang Pedoman Penyusunan Rencana Kerja dan Lapoan Kegiatan Penyuluhan Perpajakan Unit Vertikal di Lingkungan Direktorat Jendral Pajak.

Suryadi, 2006:105. Model Hubungan Kasual Kesadaran Pelayanan, Kepatuhan Wajib Pajak dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Penerimaan Pajak. Jurnal Keuangan Publik, 4(1), 105-121.

Widjaya Annisa Gama, 2008. “Studi Evaluasi Kepatuhan wajib pajak sebelum dan sesudah reformasi perpajakan 2008 dan implikasinya terhadap penerimaan pajak pada Kantor Pelayana Pajak Pratama kota Semarang di lingkungan kantor wilayah Direktorat Jendral Pajak Janteng 1” Universitas Diponegoro.

www.BI.go.id

www.pajak.go.id

www.pajakonline.go.id

Yeni Rahma, 2011. “Pengaruh Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan Terhadap Peningkatan Penerimaan Pajak yang Di Moderasi oleh Pemeriksaan Pajak.

Pada KPP PRATAMA PADANG”. Vol 1. Nomor 1. Universitas Negeri Padang.

Zain Muhammad, 2009. Manajemen Perpajakan, Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.