PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN DAN KEBIJAKAN PAJAK TANGGUHAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN RETURN SAHAM SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Lestari Lestari, Riris R Sitorus

Abstract


Penelitian ini ditujukkan untuk mencari pengaruh atas kebijakan dividen dan kebijakan pajak tangguhan terhadap nilai perusahaan serta dampaknya terhadap return saham.Oleh karena itu perusahaan dituntut untuk mampu menciptakan nilai (value creation) atas perusahaan. Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor determinan apa saja yang mempengaruhi perubahan nilai perusahaan manufaktur terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2011 hingga 2015. Sampel dalam penelitian ini seluruhnya berjumlah 30 perusahaan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan bantuan software SPSS. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder.

Full Text:

PDF

References


Bambang Sakti Aji Budi Utomo 2011,Pengaruh Kebijakan Hutang, Kebijakan Investasi, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2003-2007,Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Brealey, Myers, dan Marcus. 2008. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Dialih bahasakan oleh Bob Sabran MM. Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Darsono, dan Ashari. 2005. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Yogyakarta: Andi Offset.

Fenandar, Gany Ibrahim. 2012. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Husnan, Suad, dan Enny P. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Ika Sasti Ferina,SE, MSi, Ak, CA;dkk 2015,Pengaruh Kebijakan dividen, Kebijakan Hutang, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan,Universitas Sriwijaya.

Juhandi, et al., 2013,The Effects of InternalFactors and Stock OwnershipStructure on Dividend Policy on Company’s Value. International Journal of Business and Management Invention. Vol. 2 p 06-18

Lestari,Budi.2011.Analisis Pengaruh Book Tax Differences terhadap Pertumbuhan Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI).Semarang:Universitas Diponegoro.

Oladipupo,A.OandOkafor,C.A.2012.RelativeContributionofWorking Capital Managementto CorporateProfitability andDividendPayoutRatio:Evidence fromNigeria.International JournalofBusiness andFinanceManagement Research, 1: pp:11-20. No. 2 Hal 1-10.

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Media Kom.

Rizqia,DwitaAyu,SitiAisjah and Sumiati.2013. Effect of Managerial Ownership,Financial Leverage, Profitability, Firm Size, and Investment Opportunity on Dividend Policy and Firm Value. Journal of Finance and Accounting, 4(1): pp: 120-130

Riduwan, Akhmad. 2006. Pengaruh Alokasi pajak antar Periode Berdasarkan PSAK No. 46

Terhadap Koefisiensi respon Laba Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi VII, Bali.

Subekti Djamaludin. 2008. PengaruhPerbedaan Anatara Laba Akuntansi dan Laba Fiskal Terhadap Persistensi Laba, Akrual, Aliran Kas Pada Perusahaan Perbankan di BEI. Jurnal Riset AkuntansiIndonesia. Vol.11.

Tang,T. 2006.Book-TaxDifferences:a Functionof Accounting-Tax Misalignment, earnings

Managementand TaxManagement: Empirical EvidenceFrom China.Paper Presentedat2006 AAA AnnualMeeting, American Accounting Association Annual Meeting, Washington, DC, USA.

Umi Mardiati 2012, Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia-Vol 3, No 1.

Wijayanti, Handayanti Tri.2006.Analisis Pengaruh Perbedaan antara Laba Akuntansi dan Laba Fiskal terhadap Persistensi Laba,Akrual,dan Arus Kas. Simposium Nasional Akuntansi IX,Padang.

Wiryandari,SantiAryndanYulianti.2008.Hubungan Perbedaan Laba Akuntansi dan Laba Pajak dengan Perilaku Manajemen Laba dan Persistensi laba. Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang.

Yulianti.2005.Kemampuan Beban Pajak Tangguhan Dalam Mendeteksi Manajemen Laba.Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia,vol.2,No. 1, (2005) : 107-129.

Zain, Muhammad. 2008. Manajemen Perpajakan. Jakarta : Salemba Empat.

BankIndonesia, www.bi.go.id

Otoritas JasaKeuangan , www.ojk.go.id

BadanPusatStatistik www.bps.go.id/Subjek/view/id/11

http://www.indonesia-investments.com/id/keuangan/angka-ekonomi-makro/produk- domestik-bruto-indonesia/item253http://www.kompasiana.com/adeyulfianto/sosialita-konsumerisme-dan-status-sosial_54f68bcaa33311a17c8b4fcc




DOI: https://doi.org/10.52447/map.v2i1.881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyrights of

Program Studi Akuntansi

Fakultas Ekonomi Bisnis & Ilmu Sosial

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

ISSN (P) : 2355 - 9993

ISSN (E) : 2527 - 953X