PENGARUH STRATEGI PRODUK TERHADAP MINAT PRODUK DAN DAMPAKNYA TERHADAP SUSTAINABLE PRODUK HIBURAN BERBASIS BUDAYA PENONTON WAYANG KULIT PADA MASYARAKAT SOLO JAWA TENGAH

Lovia Oktaviyana, Virgo Simamora

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi produk terhadap minat produk dan dampaknya terhadap sustainable produk hiburan berbasis budaya penonton wayang kulit pada masyarakat Solo, Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah penonton wayang kulit masyarakat jawa di Solo, Jawa Tengah, dengan metode pengambilan sampel adalah non-probability. Sampel yang diperoleh sebesar 200 responden. Data yang diperoleh dianalisi dengan menggunakan teknik analisis structural equation model (SEM) dengan alat uji statistik PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS . Data yang dikumpulkan dengan kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh positif dan signifikan strategi produk terhadap minat produk, ada pengaruh positif dan signifikan strategi produk terhadap sustainable poduk, ada pengaruh sustainable produk terhadap minat produk, ada pengaruh yang tidak signifikan dari strategi produk terhadap minat produk yang berdampak terhadap sustainable produk.

Kata Kunci : Strategi Produk, Minat Produk dan Sustainable Produk.

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of product strategy on product interest and its impact on sustainable entertainment products based on wayang kulit audience culture in the people of Solo, Central Java. The population in this study is the Javanese wayang kulit audience in Solo, Central Java, with the method of sampling is non-probability. The sample obtained was 200 respondents. The data obtained were analyzed using structural equation model (SEM) analysis technique with PLS (Partial Least Square) statistical test equipment through SmartPLS software. Data collected with questionnaires that have been tested for validity and reliability.

The results showed that: there was a positive and significant influence on the product strategy on product interest, there was a positive and significant influence on the product strategy on sustainable product, there was a sustainable influence of the product on product interest, there was an insignificant influence of the product strategy on product interests that impacted sustainable product.

Keywords: Product Strategy, Interest in Products and Sustainable Products.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Astuti, Sari. (2012). Pengaruh Strategi Produk, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Penjualan Dan Berdampak Pada Keberlangsungan Produk Pada Pengunjung Griya Busana Raffisya Manado. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. 2 No. 2.

Arifin, Ferdi. (2017). Learning Islam For The Perfomance Of Wayang Kulit (Shadow Puppets). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri.

Azizah, Khoirul. (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Produk Dan Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Minat Anggota Pada Pembiayaan Murabahah Serta Dampak Pada KJKS BMT Artha Bumi Asri Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Malang.

Camiel, A. Soviwa. (2014). Pengaruh Strategi Produk, People, Dan Process Terhadap Minat Beli Konsumen Menggunakan Ekspedisi JNE Situ Gintung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1–75.

Cohen, I. Mattew. (2014). Wayang Kulit Tradisional Dan Pasca-Tradisional Di Jawa Masa Kini. Jurnal Kajian Seni, Vol. 01, No. 01.

Charter, Martin. (2011). The Journal of Sustainable Product Design, The Surrey Institute of Art and Design. The Business & Management Review, 3(2), 177–196.

Dakhi, Paskalis. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Kuliah Mahasiswa Program Studi D3 Akuntansi STIE Nias Selatan. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Nias Selatan.

Dessart, Laurence. (2015). Product Strategy and Brand Management To Interest Cosumer In Online Brand Communities : A Social Media Perspective. Journal of Product and Brand Management, Vol. 24 Issue: 1, pp. 28-42.

Fitriani, Laila. (2016). Pengaruh Strategi Produk Terhadap Minat Nasabah Memilih Produk Tabunganku Studi Di Bank Muamalat. Jurnal Manajemen Akuntansi, Vol. 16, pp. 183.

Firdaus, Afdillah. (2013). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Konsumen Membeli Produk Perumahan Surya Mandiri Teropong PT EFA ARTHA UTAMA. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1–100.

Fornell, Claes. (2010). Defensive Marketing Strategy to Customers Interest : A Theoretical Analysis. Journal of Marketing Research, Vol. 24 No. 4, pp:337-346.

Fuad, Muhammad. (2014). Analisis Model Keberlanjutan Usaha Berbasis Agen Pada Minapolitan Udang. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Giffari, A. Firdaus. (2016). Analisis Pengaruh Strategi Harga, Strategi Produk Dan Desain Atmosfer Toko Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Toko K-Musik Imogori-Bantul Yogyakarta). Jurnal Manajemen Pemasaran, 1–19.

Grundey, Dainore. (2010). Sustainable Incentives In Marketing And Strategic Greening. Marketing Management Journal, 26(2), 117–129.

Halliday, V. Sue. (2014). Branding Sutainability : Opportunity and Risk Behind a Brand-Based Approach to Product Sustainable Markets In Customer Interest : Procter and Gamble Corporation. The Journal of Marketing, Vol. 14(1):13-34.

Huang, C. Yu. (2016). Developing a Strategy Model Of Sustainable Product Design From Product Servicizing In Taiwan. International Journal of Science and Technology, Volume 7.

Kanagal, N. Balakrishna. (2015). Strategy Marketing, Inovation and Produc Inovation To Produc Interest Of Philips Corporation. Journal of the Academy of Marketing Science,34(4), 481-493.

Kusbiyanto, Mari. (2015). Upaya Mencegah Hilangnya Wayang Kulit Sebagai Ekspresi Budaya Warisan Budaya Bangsa. Skripsi. Universitas Dian Nuswantoro.

Kusmayati, Hermein. (2012). Peran Wayang Kulit Dalam Penguatan Kebudayaan Nasional. Skripsi. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Loria, Keith. (2017). Product Sustainable in Consumer Interest Could Jolt The Industry : Netflix. Independent Research Journal In The Management Science, Vol. 11 No. 4

Mandey, L. Silvya. (2014). Pengaruh Strategi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Keberlangsungan Produk PT Sinar Jaya Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 15(2), 1–9.

Murwatiningsih. (2015). Brand Image Sebagai Mediasi Pengaruh Promosi, Harga Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Jamu Nyonya Meneer Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Muller, L. Anna. (2014). Product Sustainability-Oriented Interest Customer Relationship Management of Whole Foods Market in USA. Management Review Quarterly, 64(4), 201-204.

Rebecca, Hamilton. (2016). Customers Interest-Based Strategy: Using Multiple Methods To Generate Consumer Interest Insights That Inform Strategy. Journal of the Academy of Marketing Science, 41(2), 234-252.

Setyoko, Putra. (2013). Strategi Komunitas Cinde Laras Dalam Mempertahankan Eksistensi Wayang Kulit di Klaten. Skripsi. Universitas Kristen Satya Wacana.

Simamora, Virgo. (2017). Pengaruh Desain Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Teh Botol Sosro Demgan Kualitas Produk Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Internasional & Nasional, Vol. 20 No.1.

Yani, A. Soeti. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Keunggulan Kompetitif Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Multi Terminal Indonesia. Jurnal Ekonomi, Vol. 4 No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 MEDIA STUDI EKONOMI



Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

P-ISSN : 14104814

E-ISSN : 2502-6690

Contact Person:
Netty Laura.S.SE.MM
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta
Jalan Sunter Permai Raya
Jakarta Utara, Jakarta - 14350
Indonesia
Hp: +6281363792262
Tel: (021) 64715666
email: netty.simbolon@uta45jakarta.ac.id
email (personal): nettylaura199@gmail.com
Website: https://www.uta45jakarta.ac.id/