DETERMINAN STRUKTUR MODAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Perusahaan Wholesale and Retail Terdaftar pada BEI 2008-2012

shelly shelly

Sari


ABSTRAK

Investasi di industri wholesale dan retail merupakan investasi yang menjanjikan, tetapi data ICMD menunjukkan bahwa perusahaan wholesale dan retail merupakan perusahaan dengan tingkat resiko tinggi. Oleh karena itu investor perlu untuk melakukan analisa laporan keuangan untuk mengetahui determinan struktur modal dan pengaruhnya terhadap nilai perusahaan sebelum melakukan investasi. Analisa dilakukan terhadap 21 perusahaan wholesale dan retail terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada periode 2008-2012 dengan menggunakan metode analisis jalur untuk melihat pengaruh langsung dan tidak langsung variabel bebas (likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan) terhadap variabel terikat (nilai perusahaan dan struktur modal) serta apakah struktur modal merupakan variabel intervening. Hasil analisa yang dilakukan membuktikan bahwa variabel bebas secara simultan dan parsial signifikan mempengaruhi struktur modal tetapi tidak signifikan mempengaruhi nilai perusahaan dan struktur modal merupakan variabel intervening yang secara simultan dan parsial signifikan mempengaruhi nilai perusahaan.

 

Kata kunci : struktur modal, nilai perusahaan, determinan, analisis jalur, intervening

 


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


REFERENSI

Breadley, R. A., Myers, S. C., & Marcus, A. J. (2007). Dasar-Dasar Manajemen Perusahaan Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Brigham, E. F., & Gapenski, L. C. (2004). Financial Management : Theory And Practice. Florida: Harcourt College.

Febriminato, R. D. (2012). Analisis Faktor-Fakor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesoa Periode 2001-2010.

Ganerse, I. M., & Suarjaya, A. A. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Return Saham Perusahaan F&B. The Indonesian Publication Index , 1620-1632.

Joni, & Lina. (2010). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal. Jurnal Bisnis dan Akuntansi , 81-96.

Kartika, A. (2009). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Public di BEI. Dinamika Keuangan dan Perbankan , 105-122.

Keown. (2005). Manajemen Keuangan : Prinsif-Prinsif Dasar Dan Aplikasi. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kim, C. S., Mauer, D. C., & Sherman, A. E. (1998). The Determinants Of Corporate Liquidity : Theory And Evidence. Journal of Financial and Quantitative Analysis , 335-359.

Margaretha, F., & Ramadhan, A. R. (2010). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Industri Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis dan Akuntansi , 119-130.

Maytariana, D., Suhadak, & Kertahadi. (2013). Faktor-Faktor Fundamental Yang Memperngaruhi Struktur Modal Perusahaan.

Niztiar, G. (2013). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal.

Noor, J. (2014). Analisis Data Penelitian Ekonomi & Manajemen. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah Dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Retherford, R. D., & Choe, M. K. (1993). Statistical Models For Causal Analysis. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Riyanto, B. (2001). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Rodoni, A., & Ali, H. (2010). Manajemen Keuangan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ross, S. A., Westerfield, R. W., & Jordan, B. D. (2009). Pengantar Keuangan Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Ross, S. A., Westerfield, R. W., Jaffe, J., & Jordan, B. D. (2008). Modern Financial Management (Vol. 8). New York: McGraw Hill.

Sabir, M., & Malik, Q. A. (2012). Determinants of Capital Structure - A Study of Oil and Gas Sector of Pakistan. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business , 395-400.

Safitri, O., Sinarwati, & Atmadja, A. T. (2015). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Leverage Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2009-2013. e-journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha .

Salvatore, D. (2005). Ekonomi Manajerial Dalam Perekonomian Global. Jakarta: Salemba Empat.

Sari, P. I., & Abundanti, N. (2012). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Leverage Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan. The Indonesian Publication Index , 1427-1441.

Sawir, A. (2004). Kebijakan Pendanaan dan Resrukturisasi Perusahaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Seftianne. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Publik Sektor Manufaktur. Jurnal Bisnis dan Akuntansi , 39-56.

Sudana, I. M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori & Praktik. Jakarta: Erlangga.

Syah, T. Y., & Ruswanti, E. (2015). Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Program Magister Manajemen. Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Umar. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Usman, Y. (2004). Analisis Pengaruh EVA, MVA Dan Kinerja Keuangan Konvensional Terhadap Return Saham Di Bursa Efek Jakarta.

Utami, E. S. (2009). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Manufaktur. Fenomena , 39-47.

Weston, F. J., & Copeland, T. E. (1995). Manajemen Keuangan. Jakarta: Binapura Aksara.

Weston, J. F., & Brigham, E. F. (1997). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (9 ed., Vol. 2). Jakarta: Erlangga.

Winahyuningsih, P., Kertati, S., & Prasetyo, H. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##