PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI CONSUMER TRUST PADA ONLINE SHOP FASHION WANITA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI PADA GENERASI MILENIAL DI DKI JAKARTA)

Reiza Dessy Aprianty, Kustiadi Basuki

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth terhadap purchase intention melalui consumer trust pada online shop fashion wanita di media sosial Instagram (studi pada generasi milenial di DKI Jakarta). Populasi dalam penelitian ini adalah generasi milenial wanita di DKI Jakarta, dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel yang diperoleh adalah 100 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis structural equating model (SEM) dengan melalui smartPLS. Data yang dikumpulkan dengan kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan electronic word of mouth terhadap purchase intention, ada pengaruh yang signifikan electronic word of mouth terhadap consumer trust, terdapat pengaruh yang signifikan consumer trust terhadap purchase intention, terdapat pengaruh yang signifikan electronic word of mouth terhadap purchase intention melalui consumer trust.

Kata Kunci : Electronic Word of Mouth, Purchase Intention, Consumer Trust

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of electronic word of mouth on purchase intention through consumer trust in women's fashion shop online on social media Instagram (a study on millennial generation in DKI Jakarta). The population in this study is the millennial generation of women in DKI Jakarta, with the sampling technique being purposive sampling. The sample obtained was 100 respondents. The data obtained were analyzed using structural equating model (SEM) analysis techniques using smartPLS. Data collected with a questionnaire that has been tested for validity and reliability. The results showed that there was a significant influence of electronic word of mouth on purchase intention, there was a significant effect of electronic word of mouth on consumer trust, there was a significant influence of consumer trust on purchase intention, there was a significant effect of electronic word of mouth on purchase intention through consumer trust.

Keyword : Electronic Word of Mouth, Purchase Intention, Consumer Trust


Full Text:

PDF

References


Andrian, Jaya. (2013) Pengaruh Word of Mouth Communication Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus : P.A Tunas Harapan Bandung). Undergraduate thesis. Universitas Kristen Maranatha

Anum S. 2017 Influence of Electronic Word of Mouth on Purchase Intentionof Fashion Products on Sosial NetworkingWebsites. Journal of Commerce and Social Science. Vol. 11 (2) , 597-622 .2017. Departement of Business Administration, Fatimah Jinnah Women University Rawalpindi. Pakistan .

Dakhi, Paskalis. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Kuliah Mahasiswa Program Studi D3 Akuntansi STIE Nias Selatan. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Nias Selatan.

Dessart, Laurence. (2015). Product Strategy and Brand Management To Interest Cosumer In Online Brand Communities : A Social Media Perspective. Journal of Product and Brand Management, Vol. 24 Issue: 1, pp. 28-42.

Dikla . 2017. Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online, dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Secara Online ( Studi Kasus Pada Toko Online Bukalapak ). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Firdaus, Afdillah. (2013). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Konsumen Membeli Produk Perumahan Surya Mandiri Teropong PT EFA ARTHA UTAMA. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1–100.

Fitriani, Laila. (2016). Pengaruh Strategi Produk Terhadap Minat Nasabah Memilih Produk Tabunganku Studi Di Bank Muamalat. Jurnal Manajemen Akuntansi, Vol. 16, pp. 183.

Florida, Joyce L dan Roring F .2018. Pengaruh Kepercayaan dan Motivasi Tetrhadap Minat Beli Pengguna Shopee Secara Online Pada Anggota Pemuda GMIM Zaitun Mahakaret . Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Juusan Manajemen.

Fornell, Claes. (2010). Defensive Marketing Strategy to Customers Interest : A Theoretical Analysis. Journal of Marketing Research, Vol. 24 No. 4, pp:337-346.

Giffari, A. Firdaus. (2016). Analisis Pengaruh Strategi Harga, Strategi Produk Dan Desain Atmosfer Toko Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Toko K-Musik Imogori-Bantul Yogyakarta). Jurnal Manajemen Pemasaran, 1–19

Halliday, V. Sue. (2014). Branding Sutainability : Opportunity and Risk Behind a Brand-Based Approach to Product Sustainable Markets In Customer Interest : Procter and Gamble Corporation. The Journal of Marketing, Vol. 14(1):13-34.

Hаekаl, M. E., Suharyono, & Yuliyаntо, E. (2016). Pengaruh Electoronic Word Of Mouth Terhadap Kepercayaan Dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 40(2), 162–168.

Kanagal, N. Balakrishna. (2015). Strategy Marketing, Inovation and Produc Inovation To Produc Interest Of Philips Corporation. Journal of the Academy of Marketing Science,34(4), 481-493.

Kusuma, H.B. (2014) Analisis Pengaruh Promosi, Word of Mouth, dan Brand Awareness Terhadap Pembentukan Minat Beli (Studi Kasus pada Coffe Groove Semarang). Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro.

Murwatiningsih. (2015). Brand Image Sebagai Mediasi Pengaruh Promosi, Harga Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Jamu Nyonya Meneer Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Piri, G. Henry. (2013). Kualitas Pelayanan Jasa Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Steneir Salon Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 15(2), 1–9.

Prawira, Bayu & Yasa, N.N Kerti. (2010). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung dikota Denpasar. Skripsi. Universitas Udayana Bali Indonesia.

Rebecca, Hamilton. (2016). Customers Interest-Based Strategy: Using Multiple Methods To Generate Consumer Interest Insights That Inform Strategy. Journal of the Academy of Marketing Science, 41(2), 234-252.

Rochikashvili, Mariia. (2018). Management Strategy and Innovations For Product Sustainable To Direct And-Users Awareness Of Environmental and Health Effect Of The Product They Purchase. Journal of International Management of Resources and Environment.

Rosdiana R dan Haris I.A . 2018 . Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online . Jurusan Pendidikan Ekonomi . Universitas Pendidikan Ganesha.

Rizqia C. D & Hudrasah .H 2015 . The Effect of Electronic Word of Mouth on Customer Purchase Intention (Case Study : Bandung Culinary Instagram Account ). International Journal of Social Science and Business .Vol.2 No. 3 Tahun 2018.

Samosir, Prayoga. (2015). Jurnal Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Enervon-C. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Simamora, Virgo. (2017). Pengaruh Desain Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Teh Botol Sosro Demgan Kualitas Produk Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Internasional & Nasional, Vol. 20 No.1.

Varadarajan, Rajan. (2010). Strategic Marketing and Marketing Strategy On Product Interest : Domain, Definition, Foundational. Journal of the Academy of Marketing Science 38(2), 119-140.

Yani, A. Soeti. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Keunggulan Kompetitif Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Multi Terminal Indonesia. Jurnal Ekonomi, Vol. 4 No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 MEDIA STUDI EKONOMI

License URL: https://scholar.google.com/citations?user=260p8CYAAAAJ&hl=en

Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

P-ISSN : 14104814

E-ISSN : 2502-6690

Contact Person:
Netty Laura.S.SE.MM
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta
Jalan Sunter Permai Raya
Jakarta Utara, Jakarta - 14350
Indonesia
Hp: +6281363792262
Tel: (021) 64715666
email: netty.simbolon@uta45jakarta.ac.id
email (personal): nettylaura199@gmail.com
Website: https://www.uta45jakarta.ac.id/