PENGARUH PELAYANAN DAN HARGA PADA GO-JEK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN MINAT SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Study Kasus Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta)

Ingrid Panjaitan

Abstract


ABSRACT
This study aims to determine the effect of service quality and price on Go-jack to customer satisfaction with buying interest as moderating variable on August 17, 1945 University students in Jakarta. The population used in this study is that consumers never use the transportation service Go-jack. Sample in this study of 181 respondents drawn through the questionnaire using the method of data analysis partial least square (PLS). Sampling technique using rondom sampling technique. Based on statistical test, the results showed that the quality of service significantly influence kepuasann customers, while variable rates not significantly affect customer satisfaction, variable quality of service to customer satisfaction with interest as moderating variables have a significant effect and influence price on customer satisfaction denagn buying interest as moderating variable is also a positive effect.
Keywords: Price, Quality Service, Interests Buy, Customer Satisfaction.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga pada Go-jek terhadap kepuasan pelanggan dengan minat beli sebagai variabel moderating pada mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan jasa transportasi Go-jek. Sample pada penelitian ini sebanyak 181 responden yang diambil melalui kuesioner dengan menggunakan metode analisis data partial least square (PLS). Teknik pengambilan sample menggunakan teknik rondom sampling. Berdasarkan uji statistik, hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasann pelanggan, sedangkan variabel harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dengan minat sebagai variabel moderating berpengaruh signifikan dan pengaruh harg terhadap kepuasan pelanggan denagn minat beli sebagai variabel moderating juga berpengaruh positif.
Kata kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, Minat Beli, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ferdinand, Agustiy 2006. Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Pollack, Birgit Leisen. 2009. Linking The Hierarchical Service Quality Model to Customer Satisfaction and Loyalty, College of Business Administration. University of

Wisconsin Oshkosh. Winconsin, USA. Journal of Service Marketing. Vol. 23, No.1.p.42-45

Helien, Fisher. 2004. Layanan Konsumen Dalam Seminggu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Alih Bahasa : AB Susanto, Edisi Pertama. Jakarta. Salemba Empat.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran(Edisi Milenium). Penerbit Prenhalindo.

Kotler. Amstrong 2001. Prinsip –Prinsip Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta. Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. Hamdani, A. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Penerbit Salemba Empat.

Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Ghozali, Imam, 2008. SEM Metode Alterantif PLS Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.

Kotler, P dan Amstrong. 2001. Manajemen Pemasaran. Edisi II. Jakarta : PT. Indeks.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi XI. Jakarta : Indeks.

Kotler. P and Keller. 2006. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks .

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat. Lamb. 2001. Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Mas’ud, Fuad. 2004. Survai Diagnosis Organisasional, Konsep dan Aplikasi. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Niken Puspitasari, Agnes. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Mendorong Pembelian Ulang (Studi pada Pengguna Nokia di Semarang) . Semarang: Universitas Diponegoro.

Norfiyanti, Kiki. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, dan Daya tarik Iklan terhadap Minat beli Konsumen pada Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Galon Merek AQUA ( Studi Pada Mahasiswa di Kota Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

P-ISSN : 14104814

E-ISSN : 2502-6690

Contact Person:
Netty Laura.S.SE.MM
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta
Jalan Sunter Permai Raya
Jakarta Utara, Jakarta - 14350
Indonesia
Hp: +6281363792262
Tel: (021) 64715666
email: netty.simbolon@uta45jakarta.ac.id
email (personal): nettylaura199@gmail.com
Website: https://www.uta45jakarta.ac.id/