PENGARUH KUALITAS BAHAN DAN KUALITAS DESAIN TERHADAP MINAT BELI SWITTER DEFINE DENGAN VARIABILITAS PRODUK SEBAGAI PEMODERASI

Ari Soeti Yani, Abal Falih Harsy

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas desain dan kualitas bahan terhadap minat bel dengan variabilitas produk sebagai pemodersai . Penelitian dilaksanakan dengan pengumpulan sample menjaring 151 orang konsumen menggunakan metode purposive sampling. Untuk menjelaskan karakteristik responden menggunakan presentase. Sedangkan untuk menjelaskan deskripsi penelitian yang berkaitan dengan hipotesis analisis dengan menggunakan analisis uji  signifkan test. Kualitas desain dan kualitas bahan pada minat beli sangatlah berpengaruh saat konsumen memutuskan untuk membeli. Mengingat bahwa variable kualitas desain dan kualitas bahan lebih dominan berpengaruh terhadap minat beli, maka disarankan kepada pihak perusahaan untuk senantiasa mempertahankan nilai-nilai yang sudah diperoleh agar para pelanggan tetap setia pada produk dan itu akan menambah penjualan lebih meningkat.

Kata Kunci : Kualitas Bahan , Kualitas  Desain , Minat Beli , Variabilitas Produk

 

ABSTRACT

This study aims to determine the quality of the design and the quality of materials on interest in the bell with product variability as a modifier. The research was carried out by collecting a sample of 151 consumers using a purposive sampling method. To explain the characteristics of respondents using percentages. Meanwhile, to explain the description of the research related to the hypothesis analysis using the analysis of the significant test test. Quality of design and quality of materials on buying interest is very influential when consumers decide to buy. Given that the variables of design quality and material quality have a more dominant influence on purchase intention, it is suggested to the company to always maintain the values that have been obtained so that customers remain loyal to the product and that will increase sales.

Keywords: Material Quality, Design Quality, Purchase Intention, Product Variability


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Bambang Sudaryana, D. E. A., Ak, M., Agusiady, H. R. R., & SE, M. M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.

Hair, J., & Alamer, A. (2022). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) In Second Language And Education Research: Guidelines Using An Applied Example. Research Methods In Applied Linguistics, 1(3), 100027. https://doi.org/10.1016/j.rmal.2022.100027

Hilary, D., & Wibowo, I. (2021). Pengaruh Kualitas Bahan Baku Dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Pt. Menjangan Sakti. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 9(1), 19–26. https://doi.org/10.35137/jmbk.v9i1.518

Mananeke, L. (2022) Kerja Terhadap Kualitas Produk Pada Pt Cavron Global Lembean Effect Of Raw Material Quality , Production Process And Labor Quality On Product Quality At PT . Cavron Global Lembean, Jurnal Emba Vol . 10 . No . 2 . 10(2), 407–417.

Priandewi., M. M., Fadhilah, M., & Maharani, B. D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di E-Commerce Lazada. JBE (Jurnal Bingkai Ekonomi), 7(1), 17–26. https://doi.org/10.54066/jbe.v7i1.116

Rokhmawati at el. (2022). Pengaruh Harga, Iklan Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Honda Scoopy Di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), 515–526. https://stp-mataram.e-journal.id/JIH/article/view/1699

F., Rompis, J. E. H., Mananeke, L., & Lintong, D. C. A. (2022). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan , Inovasi Produk Dan Keunggulan Kayu Di Kecamatan Tagulandang Kabupaten Sitaro ) Effect of Entrepreneurship Orientation, Product Innovation and Competitive Advantage on Marketing Performance ( Case Study of Wood Craft Bus. 10(3), 447–457.

Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Harga Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manaemen, 10, 1–20.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6 Buku 1.

Sentosa, E., & Trianti, E. (2019). Pengaruh Kualitas Bahan Baku, Proses Produksi Dan Kualitas Tenaga Kerja Terhadap Kualitas Produk Pada Pt Delta Surya Energy Di Bekasi. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 13(2), 62–71. https://doi.org/10.47313/oikonomia.v13i2.506

Simatupang, S., Efendi, E., & Putri, D. E. (2021). Facebook Marketplace Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Beli. Jurnal Ekbis, 22(1), 28. https://doi.org/10.30736/je.v22i1.695


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.licenseURL##: https://scholar.google.com/citations?user=260p8CYAAAAJ&hl=en