PENGARUH WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KUALITAS PRODUK SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI KEDAI ES KRIM NEVATARA TANJUNG PRIOK

Hartanti Nugrahaningsih, Dewangga Oktavianto

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya jumlah konsumen yang datang ke kedai es krim Nevatara pada pertengahan tahun 2014, hal tersebut mengindikasi bahwa keputusan pembelian di Kedai es krim nevatara mengalami penurunan. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Word of Mouth dan Kualitas pelayanan mempengaruhi keputusan pembelian secara tidak langsung dengan adanya Kualitas produk sebagai variabel Moderating di Kedai es krim Nevatara?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel-variabel tersebut memperkuat pengaruh terhadapKeputusan pembelian di Kedai es krim Nevatara atau sebaliknya, tidak memperlemah pengaruhKeputusan pembelian di Kedai es krim nevatara.
Penelitian ini menggunakan Data Primer yang diperoleh dari penyebaran Kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampling aksidental. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 106 responden dari jumlah populasi konsumen Kedai es krim Nevatara yang terletak di Warakas, tanjung priok, Jakarta Utara. Jawaban para responden kemudian dianalisis menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Word Of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian. Word Of Mouth dan kualitas pelayanan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kualitas produk sebagai variabel moderating tidak mampu memperkuat Word Of Mouth terhadap Keputusan pembelian dan Kualitas produk sebagai variabel moderating tidak mampu memperkuat kualitas pelayanan terhadap Keputusan pembelian.
Kata kunci :Word Of Mouth; Kualitas Pelayanan; Kualitas Produk; dan Keputusan Pembelian,
ABSTRACT This research was motivated by declining number of consumen who visited Nevatara ice cream store in early 2015, it indicates that the customer Buying Decision in Nevatara Ice cream store has decreased. As for the problem of this research was Word Of Mouth, and the quality of services affect indirectly on Buying decision with product quality as an moderating variable in Nevatara Ice cream Store? The purpose of this study was to find out about these variables influences the customer buying decision or didn’t influence the customer buying decisison in Nevatara Ice cream store. This research used primary data obtained from the distribution of quetionnaires. The technique of sampling in this study using accidental sampling method. The number of sample obtained by 106 respondent form all consumer in Nevatara Ice cream stores located in warakas, regional of north jakarta. Then, the respondent answer were analyzed with spss program. The results of this study indicate that the Word Of Mouth Promotion significant effect on the costumer Buying decision, the quality of services significantly effect on Costumer Buying decision. The Word Of Mouth Promotion and quality of service jointly significant effect on the Costumer Buying Decision. Product Quality as
16
moderating variable was not able to strengthen the Word Of Mouth promotion to the Costumer decision and Product Quality as moderating variable was not able to strengthen the quality of services to the Costumer Buying Decision. Keywords: Word Of Mouth Promotion, quality of service, Product Quality and Customer Buying Decision.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. 2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : ALFABETA Bandung.

Arief. 2007. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan; Bagaimana Mengelola Kualitas Pelayanan Agar Memuaskan Pelanggan. Malang : Bayumedia.

Bateman, Thomas S & Snell, A Scott. 2009. Manajemen : Kepemimpinan dan Kolaborasi dalam Dunia yang Kompetitif. Jakarta : Salemba Empat.

Bhuono, Agung Nugroho. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian

Dengan SPSS. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.

Diska Putri Septiandini, Lulus Prapti, UNDIP (2012). “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Alfamart Waralaba”, Ekonomika dan Bisnis, UNDIP Semarang.

Dwi Cempakasari, Nunik kusnilawati UNDIP (2012). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian”

(Studi Pada Gaudi Paragon Mall Semarang), Ekonomika dan Bisnis, UNDIP Semarang.

Kadarman, A.M & Udaya, Jusuf. 2001. Pengantar Ilmu Manajemen. Jakarta : Prenhallindo.

Kertajaya, Hermawan. 2007. Mark Plus on Marketing 2nd Generation. Jakarta : Gramedia.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran jilid 1 ; Edisi 12. Jakarta : Indeks.

Kotler, P. & Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran 1. Edisi keduabelas.

Jakarta: Erlangga

Kotler, P. & Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran 2. Edisi keduabelas.

Jakarta: Erlangga

Kotler, Keller, 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Penerbit Erlangga.

Jakarta

Nurbiyati, Titik & Machfoedz, Machmud. 2005. Manajemen Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta : KAYON.

Raka Gigih Brahmantya (2012). “ pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Grosir Handphone Indocell Dinoyo Malang” , Fisip, Universitas Negri Malang.

Risa Fadhila, UNDIP (2013).“Analisis Pengaruh Word of Mouth, Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen”

(studi pada took Leo Fashion Karangjati – Kabupaten SEMARANG), Ekonomika Dan Bisnis, UNDIP Semarang.

Rismiati, E. Catur & Suratno, Ig Bondan. 2001. Pemasaran Barang dan Jasa. Yogyakarta : KANISIUS.

Schiffman, Leon G., dan Kanuk, Leslie Lazar. 2009. Perilaku Konsumen. Alih

bahasa Zulkifli Kasip. Jakarta : PT. Indeks Group Gramedia.

Schiffman.Leon dan Leslie Kanuk (2007) Perilaku konsumen, edisi 7,Jakarta :

Indeks

Siswanto, Victorianus Aries. 2012. Strategi dan Langkah-Langkah Penelitian. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

________. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Suliyanto. 2006. Metode Riset Bisnis. Yogyakarta : Andi

Suliyanto. 2011. EKONOMETRIKA TERAPAN : TEORI DAN APLIKASI DENGAN SPSS. Yogyakarta : Andi.

Swastha, Basu & Irawan. 2008. Menejemen Pemasaran Modern. Cetakan

Ketujuh. Penerbit LIBERTY : Yogyakarta

Terry, George R. & Rue, Leslie W. 2009. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara.

Tri Wibowo, Sri Purwanti, 2012. “Analisis Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota”, Ekonomika dan Bisnis, UNDIP Semarang, jurnal Studi Manajemen.

Usman, Husaini. 2011. Manajemen : Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan Edisi 3. Jakarta : Bumi Aksara.

Usmara, Usi. 2088. Pemikiran Kreatif Pemasar. Yogyakarta : Amara Books.

Zeithaml, Valerie A. & Bitner, Mary Jo. 2000. Service Marketing. Boston : Irwin McGrawHill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

P-ISSN : 14104814

E-ISSN : 2502-6690

Contact Person:
Netty Laura.S.SE.MM
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta
Jalan Sunter Permai Raya
Jakarta Utara, Jakarta - 14350
Indonesia
Hp: +6281363792262
Tel: (021) 64715666
email: netty.simbolon@uta45jakarta.ac.id
email (personal): nettylaura199@gmail.com
Website: https://www.uta45jakarta.ac.id/