PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERMENT GOVERNANCE TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA PEGAWAI BADAN PENGELOAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH PEMERINTAH KABUPATEN DELI SERDANG

Ardin Dolok Saribu

Sari


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empris mengenai pengaruh penerapan prinsip-prinsip Good Governance ( akuntabilitas, transparansi, responsivitas, dan keadilan ) terhadap efektivitas kinerja pegawai di BPKAD Kabupaten Deli Serdang. Hasil penelitian ini pengujian yang dilakukan secara parsial ( uji t ) memperlihatkkan bahwa variabel bebas yaitu akuntabilitas, responsivitas dan keadilan berpengaruh positif terhadap efektivitas kinerja pegawai di BPKAD Kabupaten Deli Serdang, dan transparansi berpengaruh negative di BPKAD Kabupaten Deli Serdang. Berdasarkan pengujian Koefesiensi Determinasi ( R square ) diperoleh nilai R2 dieroleh sebesar 0,681 yang artinya 68,1% tingkat efektivitas kinerja pegawai BPKAD Kabupaten Deli Serdang dipengaruhi oleh akuntabilitas, trasparansi, responsivitas dan keadilan, sedangkan selebihnya yaitu 31,9 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini seperti pengendalian internal. Kesimpulan bahwa prinsip-prinsip Good Goverment Governance yaitu akuntabilitas, responsivitas, dan keadilan berpengaruh positif terhadap efektivitas kinerja BPKAD Kabupaten Deli Serdang. Dan Transparansi berpengaruh negatif pada BPKAD Kabupaten Deli Serdang. Untuk itu saran yang dapat dikemukakan penulis adalah diharapkan BPKAD Kabupaten Deli Serdang meningkatkan akuntabilitas, responsivitas, dan keadilan guna memaksimalkan efektivitas kinerja pegawai, dan transparansi harus menjadi prioritas perhatian bagi BPKAD Kabupaten Deli Serdang agar diterapkan dengan baik.
Kata Kunci :Efektivitas Kinerja, Good Government Governance

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Basrowi dan Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif, Cetakan Pertama: Rineka Cipta, Jakarta, 2008.

Halim Abdul dan Muhammad Syam Kusufi, 2011, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Keuangan Daerah, Edisi Keempat: Salemba Empat, Jakarta, 2011.

Moeriono,Indikator Kinerja Utama. Perencanaan, aplikasi dan pengembangan. Edisi Kedua, Rajawali Pers. Jakarta 2012.

Pratisto Arif, Cara Mudah Mengatasi Masalah Statistik dan Rancangan Percobaan dengan SPSS 20: Elex Media Komputindo, Jakarta.

Purba Elvis F dan Parulian Simnajuntak, Metode Penelitian, Edisi Kedua, Cetakan Kedua: Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen, Medan, 2011.

Sugiono, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Kedua, Alfabeta, Bandung, 2008.

Siregar Syofian, Statistika Deskriptif Untuk Penelitian: Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi SPSS Versi 17,Edisi Pertama, Cetakan Pertama: Rajawali Pers, Jakarta, 2010.

Sutrisno Edi , Manajemen sumber daya Manusia. Edisi Pertama : Kencana, Jakarta, 2009.

Suryono, Penerapan Good Governance, dan pengawasan, Edisi Refisi, Andi, Yokyakarta, 2004.

Tangkilisan, Hessel Nogi S, Manajemen Publik, Jakarta, Grassindo, 2005.

Umar, H. Desain Penelitian Akuntansi Keperilakuan, Edisi Pertama, Raja Grafindo,. Jakarta, 2008.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##