PELATIHAN PEMBUATAN SABUN CAIR CUCI TANGAN NATURAL RAMAH LINGKUNGAN DAN EDUKASI CARA MENCUCI TANGAN YANG BENAR

Yulyuswarni Yulyuswarni, Isnenia Isnenia, Endah Ratnasari Mulatasih

Abstract


Abstrak

Mencuci tangan pakai sabun merupakan salah satu bagian dari protocol kesehatan yang diterapkan dalam rangka memutus rantai penyebaran covid-19. Himbauan mencuci tangan pakai sabun menyebabkan pemakaian sabun untuk cuci tangan meningkat. Penggunaan sabun banyak menggunakan bahan aktif yang mengandung detergen yang relatif lebih sulit terurai di alam. Oleh karena itu, kegiatan  pengabmas ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan sabun cair cuci tangan natural ramah lingkungan dan edukasi cara mencuci tangan yang benar. Kegiatan pengabmas ini dilaksanakan di Pondok pesantren Nurul Huda, Lampung Selatan dalam 2 tahap yaitu 1) pembuatan sabun dan 2) edukasi cuci tangan yang benar. Peserta kegiatan ini berjumlah 20 orang meliputi santri dan pengurus pondok. Hasil kegiatan ini adalah produk berupa sabun cuci tangan yang dapat digunakan langsung oleh penghuni pondok pesantren. Hasil uji kesukaan produk sabun cuci tangan menunjukkan pada rentang agak suka–sangat suka dengan kriteria penilaian tingkat kesukaan adalah kesan kesat. Pada edukasi cuci tangan yang benar menunjukkan peningkatan pengetahuan pada seluruh peserta sebesar 100%.

 

Kata kunci: Pelatihan; sabun; cuci tangan 

Keywords


Training, soap, washing hands

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI. 2020. Tentang Novel Coronavirus (NCOV). Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

Aldiana, M; Kristian, S.W.N. Pembuatan paper soap herbal antiseptik sebagai salah satu sarana pencegahan covid-19. Madaniya. 2021, 2(1), 2.

Standar Nasional Indonesia Nomor 06-3532-1994 tentang Sabun Mandi Padat. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional. 1994. 1–8.

Sukeksi, L.; Andy J.S.; Chandra S. Pembuatan sabun dengan menggunakan kulit buah kapuk (Ceiba petandra) sebagai sumber alkali. Jurnal Teknik Kimia USU. 2017, 6(3), 8-13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.