REFORMULASI KEBIJAKAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN HUTAN DI INDONESIA

Munif Solikhan

Abstract


 

ABSTRAK

Kebakaran hutan yang terjadi di indonesia seolah menjadi rutinitas tahunan dalam dua puluh tahun terakhir. Pemerintah seolah tidak mampu dan tidak berdaya menghadapi bencana ini. Upaya yang telah dilakukan pengambil kebijakan terkait untuk melindungi kebakaran hutan diantaranya adalah melakukan langkah preventif dengan mensiagakan aparat keamanan hutan dan menggunakan satelit teknologi untuk mendeteksi titik-titik api di daerah yang berpotensi terjadinya kebakaran hutan. Namun demikian, hal itu tidaklah cukup optimal dalam memerangi permasalahan kebakaran hutan. Kecendurungan kebakaran hutan secara forecast atau ramalan cenderung mengalami kenaikan. Ada dua pilihan reformulasi kebijakan yang direkomendasikan. Pertama, modifikasi kebijakan seperti menambah ataupun mengurangi undang-undang yang tidak tepat sasaran dan meningkatkan pengawasannya. Kedua, kebijakan baru dengan merubah semua aturan misalnya pelarangan land clearing dengan membakar hutan disertai dengan hukuman yang tegas bagi pembakar hutan. Baik pelaku maupun aktor intelektualnya.

Kata Kunci: Kebijakan Publik, Reformulasi Kebijakan, Kebakaran Hutan

Full Text:

PDF

References


Arief, A. (1994) Hutan Hakekat dan Pengaruhnya Terhadap Lingkungan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Armanto, E. dan Wildayana, E. (1998). “Analisis Permasalahan Kebakaran Hutan Dan Lahan Dalam Pembangunan Pertanian Dalam Arti Luas”. Jurnal Lingkungan dan Pembangunan Volume 18 No. 4. Jakarta, 1998

Direktotat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam. (2003). Kebakaran Hutan Menurut Fungsi Hutan, Lima Tahun Terakhir. Jakarta: Direktotat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam.

Dunn. N., Wiliam. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik Edisi Kedua Indonesian Edition. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hartono, B. (1988). Kebakaran Hutan. Bogor: Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam.

Kementerian Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia. (1998). Kebakaran Hutan dan Lahan di Indonesia (Dampak, Faktor dan Evaluasi) Jilid 1. Jakarta: Kementerian Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

Kuntjoro,M. (2001). Metode Kuantitatif. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Nugroho, Riant. (2002). Public Policy. Jakarta: Elex Media Komputindo (Kelompok Gramedia).

Parson, Wayne. (1996). Public Policy: an Introduction to the Theory and Practice of Policy Analysis. Cheltenham: EE Publisher.

Soeriaatmadja, R.E. Dampak Kebakaran Hutan Serta Daya Tanggap Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Sumberdaya Alam Terhadapnya. Prosiding Simposium: “Dampak Kebakaran Hutan Terhadap Sumberdaya Alam dan Lingkungan”. Tanggal 16 Desember 1997 di Yogyakarta. 1997

Subarsono, AG. 2006. Analisis KebijakanPublik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wahana Lingkungan Hidup. 2008. Kampanye Bencana Kebakaran Hutan. Diakses melalui http ://www.walhi.or.id pada 2 agustus 2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.