PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS COVID 19 DENGAN MEMBERIKAN PENYULUHAN 3M DENGAN PELATIHAN PEMBUATAN FACE SHIELD & HAND SANITIZER UNTUK KARANG TARUNA KELURAHAN PAPANGGO JAKARTA UTARA

Diana Laila Ramatillah, Sri Endah Susilowati, M Fajri Hidayat, Panji Wijonarko

Abstract


ABSTRAK

Seiring dengan melandanya Pandemi Covid-19 di Indonesia, kami dari TimĀ  Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta yang beranggotakan Tim dari Fakultas Teknik & Fakultas Farmasi berkolaborasi untuk bersama-sama memberikan solusi untuk pencegahan Virus Covid-19 sekaligus memberikan peluang berwirausaha bagi pemuda Karang Taruna Kelurahan Papanggo Jakarta Utara. Adapun bentuk solusi ini berupa pelatihan pembuatan Face Shield Aroma Terapi dan Hand Sanitizer sekaligus hibah bahan untuk mereka mengembangkan wira usaha di bidang itu. Kegiatan Pelatihan ini berlangsung selama 2 hari di Kelurahan Papanggo yaitu pada tanggal 16 Desember 2021 dan 20 Desember 2021, dengan tiap sesi pelatihan selama 3 Jam dihadiri oleh 100 Pemuda anggota Karang Taruna dan Masyarakat Kelurahan Papanggo Jakarta Utara. Dengan adanya kegiatan abdimas ini diharapkan bisa mensosialisasikan pencegahan Covid-19 dengan cara 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak) juga memberikan jalan wirausaha bagi pemuda karang taruna Papanggo yang kondisinya masih banyak pengangguran dan tingkat pendidikan mereka yang masih rendah. Harapan dari pelatihan ini, setelah dilatih, mereka bisa membuat dan memasarkan Face Shield Aroma Terapi & Hand Sanitizer sendiri sehingga bisa mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi di Jakarta.


Keywords


Pelatihan; Face Shield; Aroma Terapi; Hand Sanitizer; Pemuda; Wirausaha.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchori. 2000. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Borjas, George J. 1996. Labor Economics. New York: The McGraw-Hill Com, Inc.

Chambers, Robert. 1996. PRA Participatory Rural Appraisal Memahami Desa Secara Partisipatif. Alih Bahasa: Sukoco. Yaogyakarta: Kanisius.

Danuhadimedjo, Djatmiko R. 1998. Kewiraswastaan dan Pembangunan. Bandung: Alfabeta.

McConnel, Campbell R. dan Brue, Stanley L. 1995. Contemporary Labor Economics. (edisi IV). New York: McGraw-Hill, Inc.

Reynolds, Lloyd G. Masters, Stanley H. dan Moser, Colletta. 1991. Labor Economics and Labor Ralations. New Jersey: Englewood Cliffs.

Thomas S, Anisya dan Mueller, Stephen L. 2000. Entrepreneurs, International, Personality; Cross Cultural Studies. Journal International Bussiness (JIB) Vol. 31.




DOI: https://doi.org/10.52447/berdikari.v5i1.5530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung